Yamaha MT-03 Foto: dok. Visordown
Jelang akhir tahun, Yamaha coba lengkapi jajaran motor sport naked mereka dengan menghadirkan MT-03. Selain dari aspek visual, produk teranyar Yamaha yang diperbarui terakhir tahun 2016 ini, juga sudah mengadopsi mesin dua silinder.
Secara keseluruhan, tampilan MT-03 terbaru ini sudah mewarisi tampang model MT lain yang punya satu mata dan beralis. Ya, mata dan alis tersebut sebagai bentuk lampu utama Yamaha MT kekinian.
Yamaha MT-03 Foto: dok. Visordown
Dari samping pun juga terlihat jelas perbedaannya. Mulai dari bentuk tangki, engine guard, jok, maupun knalpot. Mudah memahaminya sudah mirip seperti Yamaha MT-25 facelift yang diluncurkan di Indonesia belum lama ini tanpa selebrasi.
Lanjut ke buritan, desain lampu LED-nya juga makin cantik apabila menyala pada malam hari, menyesuaikan tampilan depannya yang sangar.
Sementara pada sektor kaki-kaki, suspensinya sudah mengaplikasikan model inverted. Adapun bagian belakangnya masih sama, namun ada revisi minor supaya menyesuaikan ayunan suspensi depan.
Yamaha MT-03 Foto: dok. Visordown
Ukuran ban untuk bagian depan pakai profil 110/70 dan depan 140/70 yang semuanya menyelimuti velg berukuran 17 inci. Tak lupa, ada juga sistem pengereman cakram untuk kedua velg-nya.
Nah kemudian dari jantung mekanis, Visordown melaporkan bahwa jeroan mesin sudah menggunakan piston berbobot ringan, serta komponen Yamaha DiASil (Die-cast Aluminium Cylinder).
Yamaha MT-03 Foto: dok. Visordown
Klaimnya, penurunan suhu mesin jadi lebih optimal hingga 60 persen dari versi sebelumnya, dan 30 persen lebih murah untuk diproduksi.
Mengacu data teknis, mesin berkubikasi 321 cc berpendingin cairan, DOHC, 4-katup dengan 2-silindernya ini mampu memuntahkan tenaga hingga 42 dk di putaran 10.750 rpm serta torsi 29 Nm di 9.000 rpm.
Daya maksimumnya tersebut disalurkan pada transmisi manual 6-percepatan.
Yamaha MT-03 Foto: dok. Visordown
Sedangkan dari sisi posisi berkendara, ada pilihan jok yang membuat ketinggian duduknya jadi 780 mm. Ya bisa dikatakan ketinggian joknya hampir serupa dengan motor sport 250 cc.
Yamaha MT-03 rakitan Indonesia ini sejatinya merupakan sharing platform dengan adiknya yang berkapasitas mesin 250 cc. Pembedanya paling kentara ada di kubikasi mesinnya.
Video
Sebagai langkah awal, pabrikan berlambang tiga garpu tala ini akan menyasar Amerika dulu pada akhir 2019, lalu baru menyusul negara di benua lain.
Karena belum diluncurkan secara resmi, banderol Yamaha MT-03 ini pun belum diumumkan. Soal warna, motor naked street ini nantinya punya tiga seragam: Ice Fluo, Icon Blue, dan Midnight Black.
Editor: PAR
Sumber: Kumparan