Relawan Jokowi Ungkap Ada Habib Rancang Pembunuhan Ninoy Karundeng!Ninoy Karundeng (screenshot video)
Jakarta – Rekan Ninoy Karundeng sesama Relawan Jokowi, Jack Lapian, mengungkap ancaman pembunuhan terhadap rekannya itu. Dia mengungkap ada peran seseorang yang dipanggil ‘habib’ dalam rencana pembunuhan terhadap Ninoy.

Seperti diketahui, Ninoy ditangkap sejumlah orang, lalu dibawa ke Masjil Al Falah, Pejompongan, untuk diinterogasi dan dipukuli. Di tengah interogasi, pada dini hari, datang seseorang yang dipanggil ‘habib’ oleh orang-orang yang ada di masjid.

“Berkali-kali banyak rombongan orang-orang datang dan menginterogasi Ninoy dan memukuli bertubi-tubi. Pemukulan terus berlangsung. Salah seorang datang sekitar pukul 03.00 WIB pada 1 Oktober 2019. Orang tersebut yang dipanggil sebagai habib menginterogasi dan langsung memukul kepala Ninoy berkali-kali. Dia terus menginterogasi dan meminta Ninoy untuk bertobat, Ninoy disuruh salat,” kata Jack Lapian menuturkan pengakuan Ninoy, Minggu (6/10/2019).


Lalu orang-orang di masjid membongkar telepon genggam dan membuka akun Facebook Ninoy untuk melihat draf-draf tulisan yang siap diunggah. Mereka juga mencecar Ninoy soal siapa yang mengirimnya ke masjid itu.

“Mereka menanyakan apakah Ninoy bagian dari kelompok Denny Siregar, Eko Kuntadi, Abu Janda, Kajitow Elkayani, Manuel Mawengkang, Ni Luh Jelantik, dan lainnya?” tutur Jack.

Kemudian seseorang yang dipanggil ‘habib’ memerintahkan orang yang ada di masjid, yang disebut sebagai ‘tim medis’, untuk menyediakan ambulans, dengan alasan akan digunakan buat mengangkut mayat Ninoy. Menurut Jack, orang-orang di masjid sudah mulai bicara soal pembunuhan Ninoy.

Ninoy, masih kata Jack, dalam sekapan para pelaku pasrah menunggu eksekusi dan tidur. Ninoy berkali-kali memohon kepada ibu-ibu dan orang-orang di sana agar tidak dibunuh.

“Mereka menyebutkan bahwa darah Ninoy halal. Sebagian besar para pelaku di tempat berpendapat Ninoy harus dibunuh. Karena jika Ninoy tidak dibunuh, dia dikhawatirkan akan melapor ke polisi. Jika dia tidak dibunuh, maka akan menjadi masalah besar dan polisi akan menyerang. Ninoy juga sering menulis yang berseberangan dengan paham mereka,” ujar Jack.

Jack menyebut mereka menyiapkan kapak untuk mengeksekusi Ninoy. ‘Habib’ juga beberapa kali menanyakan kesediaan ambulans. Hingga menjelang waktu subuh habis, ‘tim medis’ yang diminta menyediakan ambulans menyatakan ambulans belum ada.

“Karena ambulans tidak datang, maka timbul kesulitan untuk mengeluarkan Ninoy dari dalam Masjid Al-Falah. Orang-orang yang ada di dalam masjid lalu merundingkan untuk melepaskan Ninoy. Sebelum dilepas, Ninoy diminta untuk tidak melaporkan ke polisi. Jika melaporkan ke polisi, maka Ninoy akan dibunuh. Beberapa orang meminta alamat Ninoy dan KTP untuk difoto sebagai barang bukti. Selain itu juga disuruh untuk membuat surat pernyataan untuk ikhlas dan pemukulan-pemukulan sebagai akibat dari kesalahpahaman,” tutur Jack.

Ninoy lalu menandatangani pernyataan bermeterai. Lalu dibuat lagi rekaman video yang berisi pengakuan dan sumpah Ninoy untuk tak melapor ke polisi. Pukul 07.00 WIB, Ninoy dilepas beserta motornya menggunakan aplikasi online pengantaran barang dengan mobil pikap. SIM card dan hard disk milik Ninoy disita mereka.

“Beberapa jam berikutnya viral video pengeroyokan yang beredar luas di internet yang dilakukan oleh salah satu dari yang menginterogasi dan mengancam untuk membunuh Ninoy,” ujar Jack.

Penjelasan DKM Masjid Al-Falah

Sebelumnya, anggota Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Falah, Iskandar, angkat bicara soal Ninoy. Iskandar mengatakan jemaah dan pengurus masjid menyelamatkan Ninoy ketika tahu ada pemukulan.

“Secara langsung saya tidak melihat. Kondisi beliau (Ninoy) ada di depan sini (di depan masjid), dipukuli massa. Kita tidak tahu apa penyebabnya tiba-tiba ada pemukulan. Kami dari jemaah masjid dan sekaligus pengurus DKM untuk menyelamatkan beliau kita masukan ke dalam pintu yang terbuka separuh,” kata Iskandar saat ditemui di Masjid Al-Falah, Jalan Pejompongan Dalam, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (4/10).

DKM Masjid Al Falah.DKM Masjid Al-Falah. (Jefrie Nandy Satria/detikcom)

Iskandar mengatakan kondisi saat itu banyak massa yang ada di dalam dan sekitar Masjid Al-Falah untuk mendapatkan perawatan. Dia mengatakan jemaah dan DKM menyelamatkan Ninoy dari amuk massa ke dalam masjid.

“Begitu banyak massa, kita tutup baru kita langsung masuk ke dalam. Meletakkan dia di ruangan medis, di mana paramedis di situ juga banyak yang membantu para demonstran, termasuk beliau (Ninoy). Kita juga nggak tahu siapa nama beliau akhirnya masuk ke dalam situ. Tidak ada penyekapan yang ada itu adalah menyelamatkan dari massa, amukan massa, di sini pun pintu (gerbang) kita tutup dengan baik, pintu yang di dalam nggak kita tutup, seperti itulah,” ujarnya.

“Masih, masih (terjadi pemukulan). Kita masukan ke dalam. Kalau dibilang penyekapan keliru itu, penyelamatan,” tegasnya.

Iskandar mengatakan area dalam masjid steril dari pemukulan. Soal video penyekapan Ninoy yang viral di medsos, Iskandar mengaku tidak tahu. Dia mengatakan video itu juga bukan diambil DKM.

Iskandar mengatakan Ninoy diamankan hingga situasi di luar masjid kondusif. Ninoy baru pulang pada Selasa (1/10) pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu, suasana di sekitar Masjid Al-Falah sudah sepi dari demonstran.

Iskandar mengatakan, tak hanya Ninoy, massa yang dirawat di Al-Falah pun tak diperbolehkan tim paramedis pulang jika kondisinya belum memungkinkan. Pada hari itu, massa yang kondisinya cukup parah akan dilarikan ke RSAL Mintohardjo menggunakan ambulans yang ada.

“Kalau pemulangan beliau itu kondisinya baik, aman. Artinya, semua yang ada di sini berlaku wajar. Tidak ada yang keras, damai, ramah. Dia juga dalam kondisi yang baik pulang, salam-salaman. Abis itu ada entah siapa yang pesankan GoBox diantar dia sampai ke rumahnya,” ujar Iskandar.

(tor/irw)

Editor: PAR
Sumber: detikNews