Jakarta,  Kepala negosiator Korea Utara mengatakan pihaknya kecewa karena dialog negara itu dengan Amerika Serikat yang terjadi Sabtu (5/10) di Swedia gagal menemukan kata sepakat soal program denuklirisasi.

Namun, perwakilan dari Washington mengatakan kedua belah pihak telah melakukan “diskusi yang baik” yang akan diteruskan dalam dua pekan mendatang.

Perwakilan dari Korea Utara, Kim Miyong Gil membacakan pernyataannya di luar Kedutaan Korea Utara di Stockholm, Swedia, usai pertemuan.

“Pertemuan itu tidak memenuhi harapan kami dan gagal. Saya sangat tidak senang tentang hal tersebut,” kata Kim dalam bahasa Korea yang diartikan oleh penerjemah dalam bahasa Inggris.

“Pertemuan itu gagal sepenuhnya karena Amerika Serikat tidak belum membuang pandangan dan sikap lamanya,” lanjut Kim.

Pembicaraan pada Sabtu adalah momen pertama kalinya antara Amerika Serikat dan Korea Utara sejak pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Vietnam pada Februari lalu.

Setelah pertemuan tersebut, Korea Utara sempat melanjutkan uji coba rudal termasuk rudal bawah air yang jatuh di dalam kawasan Zona Ekonomi Eksklusif Jepang.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri AS Morgan Ortagus mengatakan pernyataan Kim Miyong Gil “tidak mencerminkan isi atau semangat dari diskusi baik yang berlangsung selama lebih dari delapan setengah jam.”

“AS menerima sebuah undangan dari Swedia untuk kembali ke Stockholm dalam dua pekan mendatang untuk melanjutkan pembicaraan,” lanjutnya.

Ortagus juga mengatakan bahwa delegasi AS melakukan pratinjau sejumlah inisiatif baru yang akan memungkinkan mereka membuat kemajuan dari masing-masing empat poin pernyataan Kim Jong Un dan Donald Trump di Singapura, 2018 lalu.

“Amerika Serikat dan Korea Utara tidak akan mengatasi warisan perang 70 tahun dan permusuhan di Semenanjung Korea melalui satu pertemuan Sabtu saja,” kata Ortagus.

Pembicaraan antara perwakilan Amerika Serikat dan Korea Utara berlangsung di the Villa Elfvik Strand di Lidingo, sebuah pulau di Stockholm yang berlokasi di Timur Laut ibu kota tersebut.

Media lokal menyebut Kim Miyong Gil tiba di Swedia pada Kamis, sementara itu perwakilan AS untuk Korea Utara Stephen Biegun tiba pada Jumat.

Swedia menjadi penjembatan antara Amerika Serikat dan Korea Utara karena kedua negara tersebut tidak memiliki hubungan diplomatik yang resmi. (AP/end)

Editor: PAR
Sumber: CNNIndonesia