Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8). Foto: ANTARAFOTO/Wahyu Putro
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kembali masuk ke dalam 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia. Jokowi menempati urutan ke-13 menurut data Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan Yordania edisi 2020 itu.
Sebagaimana tertulis dalam akun instagram Nadhlatul Ulama, ada tiga tokoh Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut selama tiga tahun berturut-turut. Selain Jokowi, nama Said Aqil Siroj dan Habib Luthfi Bin Yahya juga masuk daftar itu.
“Pada tahun Ini, Presiden Jokowi (@jokowi) masuk pada urutan ke-13, KH. Said Aqil Siroj (@saidaqilsiroj53) masuk di urutan ke-19 dan Habib Luthfi Bin Yahya (@habibluthfibinyahya) masuk di urutan ke-33,” tertulis dalam postingan NU yang diunggah Sabtu malam (5/10).
Tahun ini, Jokowi naik tiga peringkat dari tahun sebelumnya. Mantan Wali Kota Solo itu berada satu peringkat di bawah Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamim Al-Thani.
“Mari kita teladani ulama-ulama kita untuk menuju tatanan masyarakat yang sejahtera. Amin,” tulis akun NU.
Tokoh muslim berpengaruh yang berada di urutan pertama adalah Cendikiawan Islam Pakistan, Syekh Muhammad Taqi Usmani. Di belakangnya mengikuti pemimpin agung revolusi Islam Iran, Ayatollah Haji Sayyid Ali Khamenei.
Editor: PAR
Sumber: Kumparan