Pameran alutsista mewarnai peringatan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/10). Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan perayaan tahun ini ada yang spesial.
TNI tahun ini memiliki sebuah pesawat tanpa awak (UAV – Unmanned Aerial Vehicle) CH-4. Pesawat ini merupakan salah satu alat tempur teranyar matra udara.
Pesawat dikendalikan oleh operator di darat dan mampu membawa beberapa persenjataan. Dikutip dari janes.com (media spesialis intelijen dan militer yang berbasis di Inggris), CH-4 merupakan Drone bikinan China yang berjenis MALE (Medium Altitude Long Endurance).
“Yang berbeda dari tahun kemarin adalah penampilan khusus yang kita elaborasi dengan kegiatan-kegiatan lain adalah adanya pesawat CH-4, dari pesawat yang telah dimiliki oleh TNI,” kata Hadi usai acara di Lanud Halim Perdanakusuma.
Dia mengatakan pesawat tanpa awak tersebut baru dipamerkan dalam peringatan HUT TNI tahun ini. Sebelumnya, pesawat itu telah diuji coba pada saat latihan gabungan di Situbondo, Jawa Timur.
“Hari ini kita tampilkan di depan presiden bahwa kita sudah memiliki pesawat tanpa awak, memiliki kemampuan MALE dan mampu terbang dengan radius of action 1500-2000 km dengan menggunakan bion line of side dengan bantuan satelit,” jelas Hadi.
Selain itu, Hadi menyatakan tahun ini berbeda karena ada banyak pameran alutsista yang dibuat oleh PT Pindad.
“Banyak kita tunjukan produksi dari pindad khususnya adalah kendaraan-kendaraan tempur. Itu yang spesial pada hari ulang tahun ke-74 TNI hari ini,” tuturnya.
Editor: PAR
Sumber: kumparan