Presiden Joko Widodo memeriksa pasukan saat upacara memperingati HUT Ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta TImur, Sabtu (5/10/2019). Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Di HUT ke-74 TNI, Presiden Jokowi memberikan lencana penghormatan kepada 3 prajurit. Penghargaan tersebut merupakan lencana penghargaan tertinggi dari 3 matra, yakni Kartika Eka Paksi Narariya untuk Angkatan Darat, Jalasena Narariya untuk Angkatan Laut, dan Swa Buana Paksa untuk Angkatan Udara.
Surat keputusan presiden tersebut dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden. Menurut deskripsi pemberian penghargaan, penghargaan diberi atas dasar tugas yang luar biasa dari para personel.
“Sebagai penghargaan kepada anggota TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Yang di bidang tugas menunjukkan kemampuan kebijaksanaan dan jasa luar biasa melebihi panggilan tugas untuk kemajuan AD, AL, AU tanpa merugikan tugas pokoknya,” ucap Sekretaris Militer Presiden, Marsekal Muda Trisno Hendradi, di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (5/10).
Atraksi pesawat tempur TNI saat HUT Ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Terdapat 1 personel di masing-masing angkatan yang memperoleh penghargaan tertinggi. Mereka adalah Kolonel Sudaryono, Komandan Korem 084 Baskara Jaya Kodam V Brawijaya dari Angkatan Darat, dianugerahi Kartika Eka Paksi Narariya.
Lalu Kapten Marinir Sakti, Wadantim Komando Pasukan Katak (Kopaska) dari Angkatan Laut dianugerahi Jalasena Narariya, dan Peltu Budiman Wibisono, yang menjabat sebagai Bintara lalu lintas udara dinas operasi Lanud Halim Perdana Kusuma dianugerahi Swa Buana Paksa Narariya.
Keputusan tersebut ditetapkan pada tanggal 22 Maret 2019, atas nama Presiden Joko Widodo dengan surat keputusan nomor 23, 24, dan 25.
Parade pasukan TNI memasuki lapangan untuk memulai upacara memperingati HUT Ke-74 TNI, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta TImur, Sabtu (5/10/2019). Foto: Helmi Afandi/kumparan

Editor: PAR
Sumber: Kumparan