Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal Batam kembali menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 47 kilogram dari Malaysia ke Batam, Rabu (2/10).
Operasi penangkapan upaya penyelundupan sabu-sabu itu dilakukan di perairan Tanjung Pinggir, Batam.
Saat ini barang bukti masih diamankan, di Lanal Batam. Pihak Lanal akan berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri untuk melaksanakan pengecekan serta memastikan barang tersebut murni merupakan narkoba jenis sabu-sabu.
Hal itu disampaikan oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI, Arsyad Abdullah, saat memberikan keterangan pers kepada awak media di Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Mako Lanal) Batam, Kamis (3/10) malam.
Ia mengatakan, 47 kilogram sabu-sabu itu dibungkus dengan mengunakan bungkus teh merek guanyinwang sebanyak 47 pieces.
Barang bukti lainnya yang diamankan selain sabu-sabu, adalah satu buah speed boat mesin 1 x 75 PK dan barang bukti lainnya.
“Penangkapan itu adalah berkat informasi yang diperoleh di lapangan. atas perintah Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, melalui Pasintel Lanal Batam Mayor Laut (E) Irawan Prasetyo memerintahkan Tim F1QR Lanal Batam untuk segera melaksanakan penyekatan dan penindakan,” ucap Arsyad.
Selanjutnya kata Arsyad, Tim F1QR Lanal Batam melaksanakan penyekatan di lokasi yang diindikasikan sebagai jalur tempat lintasan kegiatan penyelundupan narkoba itu.
Tim F1QR Lanal Batam melihat speed boat tanpa nama mesin 75 PK yang diindikasikan akan menjemput narkoba dari Malaysia melintas arah Tanjung Pinggir tujuan OPL Timur (Malaysia).
Tim melihat secara visual speed boat tanpa nama mesin yang diduga telah selesai menjemput narkoba dari OPL Malaysia mengarah ke Perairan Batu Ampar.
Selanjutnya Tim melaksanakan jarkaplid, pada saat Jarkaplid speed boat tanpa nama yang membawa narkoba melarikan diri ke arah Tanjung Pinggir dengan cara mengandaskan speed boat ke bibir pantai.
“Saat dilakukan pengejaran terhadap kedua pelaku itu, dia melarikan diri ke arah tempat Wisata Tangga Seribu Tanjung Pinggir, Sekupang,” bebernya.
Hingga saat ini para pelaku, masih dalam pengejaran tim dari TNI AL, Lanal Batam berkoodinasi dengan pihak-pihak terkait.
Editor: PAR
Sumber: kumparan