Jakarta -Istilah ‘high school never ends’ tampaknya menjadi premis yang tepat untuk menggambarkan kisah dari film ‘Bebas’. Film tersebut merupakan garapan sutradara Riri Riza yang diproduseri oleh Mira Lesmana.

Berkisah tentang Vina (Marsha Timothy) yang secara tak sengaja bertemu dengan sahabatnya di masa SMA, Kris (Susan Bachtiar) di rumah sakit. Kris ternyata mengidap sakit parah yang membuatnya didiagnosis tak akan bertahan lama.

Sebagai permintaan terakhir sebelum meninggal dunia, Kris meminta pada Vina untuk mengumpulkan teman-temannya. Cerita kemudian bergulir seiring dengan perjalanan Vina menemukan teman-teman lamanya, yaitu Jessica (Indy Barends), Jojo (Baim Wong) dan Gina (Widi Mulia).

Pada tahun 1995, Vina (Maizura) adalah siswi baru di SMA. Ia baru saja pindah dari Sumedang ke Jakarta.

Di sekolah barunya, ia kemudian bertemu dengan Kris (Sheryl Sheinafia), Jessica (Agatha Pricilla, Gina (Zulfa Maharani), Suci(Lutesha), dan Jojo (Baskara Mahendra).

Peristiwa demi peristiwa dilewati oleh enam orang sahabat yang menamakan dirinya sebagai Geng Bebas itu. Hingga akhirnya mereka harus terpisah karena sebuah tragedi.

‘Bebas’ merupakan adaptasi dari film produksi Korea Selatan berjudul ‘Sunny’. ‘Sunny’ mengambil latar 1987, tahun di mana terjadi pergerakan protes di negara tersebut.

Masih mengambil latar politik yang serupa, ‘Bebas’ mengangkat era 1995 hingga 1996 sebagai latar waktunya. Di era itu, Mira Lesmana menganggap budaya pop tengah berkembang pesat, selain itu, kegelisahan terhadap orde baru dan pembredelan media juga mulai muncul.

‘Bebas’ menjadi tontonan yang ringan dan menghibur, namun sekaligus terasa hangat. Adegan demi adegan terasa mengalir dan dekat. Makna persahabatan dan perjalanan hidup yang berubah dipotret oleh ‘Bebas’ tanpa kesan menggurui sama sekali.

Selain itu, para pemain yang kebanyakan adalah bintang baru di industri film juga menunjukan kualitas akting yang jempolan.

Bagi kalian yang sudah rindu pada masa SMA, maka ‘Bebas’ adalah tontonan yang wajib untuk disaksikan. ‘Bebas’ tayang di bioskop mulai hari ini, Jumat, 3 Oktober 2019.

Editor: PAR
Sumber: kumparan