Tanpa selebrasi, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan versi penyegaran dari MT-25 pada Selasa (2/10). Generasi terbaru naked bike segmen 250 cc ini punya perubahan yang cukup signifikan, terutama di sisi depan. Selain itu, di New Yamaha MT -25 mengalami peningkatan fitur guna menunjang keasyikan saat berkendara.
Tak hanya Indonesia, Yamaha juga mengenalkan motor yang sama untuk pasar otomotif Thailand dan Eropa. Hanya saja, nama motor ini berubah menjadi MT-03 dengan perbedaan kapasitas mesin menjadi 300 cc.
“Penyegaran terhadap MT-25 adalah suatu upaya dari Yamaha Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang terus berkembang seiring dengan perubahan tren gaya hidup masa kini. Kami yakin dengan desain yang semakin sporty serta update fitur menjadi lebih modern akan membuat MT-25 generasi terbaru menjadi primadona yang menambah gairah pasar Naked Sport 250 cc,” ucap Yordan Satria, Deputy GM Marketing PT YIMM dalam keterangan resmi yang diterima kumparan.
Mari kita bahas tampilannya, ubahan yang terlihat jelas terjadi di bagian depan. Kini Yamaha MT-25 punya desain lampu anyar. Lampu depannya terlihat agresif dengan teknologi LED proyektor dan DRL (Daytime Running Light) yang menyipit. Sekilas sorotan lampunya mirip dengan wajah robot, model ini pun disematkan di Yamaha MT-15. Kemudian, lampu sein depan belakang juga sudah menggunakan LED dengan bentuk minimalis.
Turun ke bawah, ini yang cukup menarik perhatian. Sekarang Yamaha MT-25 punya garpu depan model baru yakni upside down (USD). Ya, penyematan suspensi jenis ini memang otomatis mendongkrak tampilan motor tak terkecuali New Yamaha MT-25. Sementara untuk ukuran USD-nya yakni 37 mm persis dengan New R25, kini tampilannya terlihat lebih advance dan kokoh.
Lebih lanjut, ubahan besar juga terjadi di bagian panel instrumen. MT-25 terbaru, kini menggunakan spidometer full digital lengkap dengan shift timing light dengan penggunaan logo khas MT Series.
Desain velgnya tak berubah, masih mengandalkan palang berbentuk ‘Y’ pun dengan dimensi ke dua bannya. Untuk ban depan masih menggunakan ukuran 110/70 R17 dan 140/70 R17 pada bagian belakang. Lebih lanjut, untuk sektor lengan ayun tak mengalami perubahan masih memakai model banana arm dengan suspensi belakang berjenis monoshock.
Belum jelas apakah memang ada ubahan di sektor buritan tangki, tetapi jika membandingkan dengan model lamanya, di versi terbaru ini terlihat lebih membesar namun tetap proposional. Sayangnya, dari sisi tengah hingga belakang tak mengalami ubahan, persis yang dilakukan pada R25.
Bicara dapur pacunya, Yamaha masih percaya diri dengan mesin yang sama. Rangkanya menggendong mesin berkapasitas 250 cc, DOHC, 2-silinder, 8 katup, berpendingin cairan dan berpengabut injeksi. Di atas kertas menjanjikan tenaga maksimal 35,5 daya kuda (dk) pada 12.000 rpm dan torsi sebesar 23,6 Nm pada 10.000 rpm.
Adapun, New Yamaha MT-25 dibanderol Rp 53,9 juta on the road Jakarta dengan menawarkan 3 varian warna baru: Matte Grey, Metallic Blue, dan Metallic Black.
Editor: PAR
Sumber: kumparan