Jakarta – Penyerang asal Swedia Zlatan Ibrahimovic yang kini bermain untuk LA Galaxy memiliki statistik apik dengan lebih produktif setelah berusia 30.

Ibrahimovic baru saja merayakan ulang tahun ke-38 pada Kamis (3/10). Di usianya yang tidak lagi muda pemain kelahiran Malmo itu masih menjadi andalan LA Galaxy.

Di Liga MLS musim 2019, Ibrahimovic sudah mencetak 29 gol dalam 28 pertandingan. Catatan tersebut sangat impresif untuk pemain seusianya.

Bahkan, menurut laporan Bleacher Report, Ibrahimovic lebih produktif setelah berusia 30. Sebelum 30 tahun, Ibrahimovic tampil dalam 528 pertandingan di semua kompetisi dengan mengemas 232 gol. Dengan begitu, rata-rata gol per pertandingan Ibrahimovic hanya 0,44.

Tetapi catatan itu melonjak hampir dua kali lipat setelah 30 tahun. Dalam delapan tahun terakhir, Ibrahimovic sudah melakoni 372 pertandingan dengan 301 kali membobol gawang lawan. Rata-rata golnya pun menjadi 0,81 per laga.

Zlatan Ibrahimovic bantu MU juara Liga Europa.

 

Ibrahimovic termasuk pemain yang kerap mengembara di liga-liga top Eropa. Memulai karier di Malmo, Ibra direkrut Ajax Amsterdam pada 2001. Di Belanda garis hidup Ibrahimovic di lapangan hijau mulai melejit.

Dari Belanda, Ibrahimovic merambah Liga Italia. Ia memperkuat beberapa klub besar di Negeri Piza, seperti Juventus, Inter Milan, dan AC Milan.

Sempat ke Barcelona pada 2009, Ibra kembali lagi ke Italia sebelum hengkang ke Paris Saint-Germain pada 2012. Meski sudah 35 tahun, Ibrahimovic masih memikat klub-klub besar Eropa seperti Manchester United.

Tetapi, cedera yang kerap membelitnya membuat Ibrahimovic kesulitan tampil maksimal di Liga Inggris dan memilih pindah ke LA Galaxy.

Sebanyak 33 trofi diraih Ibrahimovic di sepanjang kariernya sejauh ini. Tetapi, Ibrahimovic juga termasuk ke dalam pemain besar yang belum pernah mengangkat trofi Liga Champions. (sry)

 

 

Editor: PAR
Sumber: CNN Indonesia