Ini bukan awal yang bagus buat Marc Marquez. Berada di ambang juara, pemilik nomor balap ’93’ itu justru terkena musibah pada sesi latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Thailand 2019, Jumat (4/10/2019) pagi WIB.
Insiden terjadi ketika sesi tinggal menyisakan 5 menit. Marquez, yang tengah nyaman berada di urutan pertama pebalap tercepat (dengan catatan waktu 1 menit 31,187 detik), mengalami crash di tikungan ketujuh Sirkuit Buriram.
Marquez nampak kehilangan kendali akan motor RC123V, sepersekian detik kemudian ia sudah terlempar keluar lintasan. Kecelakaan ini cukup besar jika menilik motor yang ditumpangi Marquez mengalami rusak parah di bagian belakang.
Pebalap berusia 26 tahun tersebut lantas dibawa menggunakan ambulans menuju paddock Honda. Marquez tak bisa melanjutkan sesi, yang akhirnya dimanfaatkan Maverick Vinales untuk menjadi yang tercepat usai menorehkan waktu 1 menit 30,979 detik.
Dari laporan terkini yang diwartakan Crash dan laman resmi MotoGP, Marquez dilarikan ke rumah sakit setempat di Buriram untuk mendapat pemeriksaan medis lebih lanjut.
Disebutkan bahwa Marquez mendapat pemeriksaan di bagian kaki kiri dan punggung sebelah kiri untuk memastikan terdapat cedera serius atau tidak usai mengalami kecelakaan hebat.
Ini menjadi kabar buruk buat Marquez dan Repsol Honda. Jika tak bisa membalap pada Minggu (6/10), kans untuk Marquez merengkuh gelar juara dunia MotoGP keenamnya tertunda.
Ya, Marquez sangat berpeluang menggelar pesta juara musim ini di MotoGP Thailand. Dengan keunggulan 98 poin atas Andrea Dovizioso di papan klasemen, Marquez minimal harus unggul dua poin atas pebalap Ducati itu di Thailand.
Syaratnya, Marquez finis pertama, sementara Dovizioso kedua atau lebih buruk. Kalau tidak, Marquez finis kedua dan Dovizioso ketiga atau lebih rendah dari itu.
Editor: PAR
Sumber: kumparan