Jakarta – Sepatu tampak sebagai benda yang mudah dibersihkan, tapi sebenarnya mencucinya dengan cara yang salah bisa membuat umur sepatu memendek. Karena itu penting untuk mengetahui cara membersihkan sepatu dengan benar sehingga tetap awet.

Sepatu
yang kotor sendiri dapat membuat penampilan tidak enak dipandang. Bahkan, sepatu kotor dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Kesibukan yang padat hingga masalah biaya pencucian sepatu yang dirasa cukup mahal mungkin menjadi penyebab beberapa orang jarang mencuci sepatu.Malas mencuci atau meremehkan cara mencuci sepatu jangan dijadikan kebiasaan. Pasalnya sepatu kotor juga dapat mengundang penyakit pada kaki anda.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara mencuci sepatu yang tepat dan mudah.

Lepaskan Tali Sepatu

Hal pertama yang anda harus lakukan adalah melepaskan tali sepatu, dan gosok tali tersebut di atas penggilasan atau papan pengering dengan sikat yang diberi sabun.  Kemudian, biarkan dan pastikan tali sepatu benar-benar mengering sebelum dipasang kembali.

Jika dirasa tali sepatu sudah sangat kotor dan tampak tidak layak untuk digunakan, maka sebaiknya membeli tali sepatu baru. Pilihlah tali sepatu yang sama atau mengganti warna tali sepatu agar tidak membosankan.

Bersihkan Sol 

Setelah itu, lepaskan dan bersihkan sol sepatu bagian dalam. Gosok sol bagian dalam menggunakan sikat lembut atau kain lap dengan campuran air hangat dan sabun cuci cair.

Kemudian serap air bersabun yang berlebih dengan spons atau membilasnya dengan air bersih. Lalu biarkan agar benar-benar mengering sendiri sebelum dipasang kembali ke sepatu. Ini adalah salah satu cara mencuci sepatu agar tidak mudah rusak.


Sikat Bagian Luar

Cara Mencuci Sepatu Agar Tak Mudah Rusak

Hilangkan kotoran berlebih pada bagian luar sepatu menggunakan sikat berbulu halus. Bisa juga menggunakan sikat sepatu atau sikat gigi halus yang sudah tidak terpakai. Gosoklah kotoran berlebih pada bagian luar sepatu, dan boleh juga menggunakan tusuk gigi atau kapas pentol agar bisa menjangkau bagian-bagian yang sulit.

Oleskan sedikit larutan pembersih pada spons, lap lembut, atau sikat, dan gosoklah bagian luar sepatu. Hal ini membutuhkan sedikit usaha dan beberapa kali percobaan, tergantung kondisi kebersihan sepatu.

Larutan pembersih sepatu atau campuran sederhana yang terdiri dari air hangat dan sedikit sabun cuci cair untuk menghasilkan campuran bersabun, juga dinilai sebagai cara membersihkan sepatu agar tidak mudah rusak.

Jika warna putih pada sepatu sudah mulai luntur, gunakanlah pasta gigi pada bagian sepatu yang berwarna putih. Kemudian bilas dengan air. Cara ini dapat bekerja sangat efektif mengembalikan warna putih yang sudah menguning atau kotor pada sepatu anda.

Cuci Sepatu

Sebelum mencuci sepatu, biasakan untuk selalu baca label perawatan di sepatu anda. Label tersebut akan menyarankan cara terbaik untuk mencuci sepatu berdasarkan jenis kain yang mereka buat. Jika sepatu anda tidak dapat dicuci cukup sikat saja bagian luar sepatu.

Keringkan Sepatu 

Cara Mencuci Sepatu Agar Tak Mudah Rusak

Keringkan sepatu, tali sepatu, dan sol sepatu dengan meletakkannya pada tempat dengan kondisi cahaya yang cukup dan suhu ruangan yang tidak terlalu kering. Jangan letakkan di tempat yang panas atau terpapar di bawah sinar matahari langsung karena bisa merusak sepatu.

Salah satu cara mencuci sepatu agar tidak mudah rusak adalah jangan pernah mengeringkannya menggunakan pengering mesin cuci, karena itu akan membuat keadaan sepatu melengkung dan merusak permukaan luanya.

Editor: PAR
Sumber: CNN Indonesia