Jakarta – Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) mencetak ulang novel trilogi karya sastrawan YB Mangunwijaya. Novel trilogi ‘Rara Mendut’ tak lagi terbit dalam satu bundel tapi dibagi menjadi tiga bagian dengan sampul yang lebih ciamik.

Trilogi yang bakal terbit pada 7 Oktober, yakni ‘Rara Mendut’, ‘Genduk Duku’, dan ‘Lusi Lindri’.

“Trilogi Rara Mendut, mahakarya Y.B. Mangunwijaya. Sebuah narasi yang tidak hanya mengisahkan tumpang tindih hidup manusia, juga dengan apik menyinggung sejarah Tanah Jawa, keberanian perempuan, dan protes atas ketidakadilan,” tulis GPU di akun Instagram, seperti dikutip detikHOT, Kamis (3/10/2019).

Sampul yang dibuat oleh Orkha Creative tampil lebih indah dan berwarna. Warna-warni yang dihadirkan tampak lebih milenial dan mampu menggaet pembaca muda.

Unggahan terbaru GPU itu mendapat lebih dari 1.600 likes dan puluhan komentar. Dalam buku pertamanya ‘Rara Mendut’ menceritakan tentang seorang budak rampasan yang menolak diperistri oleh Tumenggung Wiraguna demi cintanya pada Pranacitra.

‘Genduk Duku’ merupakan sahabat Rara Mendut yang membantunya menerobos benteng Keraton Mataram dan melarikan diri dari kejaran Tumenggung Wiraguna. ‘Lusi Lindri’ adalah anak Genduk Duku yang dipilih menjadi anggota pasukan pengawal Sunan Amangkurat I oleh Ibu Suri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor: PAR
Sumber: detikhot