Jakarta – Megawati Soekarnoputri tengah jadi sorotan karena tak bersalaman dengan Surya Paloh. Politisi senior ini punya banyak sisi menarik termasuk urusan kuliner.

Pelantikan anggota DPR/MPR pada Selasa (1/10) menyisakan banyak cerita. Salah satunya soal momen jabat tangan Megawati bersama para politisi ternama. Dari beberapa politisi yang sudah ia salami, terlihat Megawati tak bersalaman dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Surya Paloh.

Momen ini banyak diulas media hingga menjadi viral. Kemudian muncul tanggapan dari pihak partai Megawati, PDI Perjuangan dan Surya Paloh, Nasional Demokrat. Di sisi lain, dalam sebuah wawancara, Surya Paloh mengaku tak ambil pusing dengan kejadian tersebut. Ia menanggapinya dengan tertawa saja.

Sebagai satu-satunya Presiden Republik Indonesia (RI) perempuan hingga saat ini, Megawati memiliki banyak cerita unik. Soal kulineran, putri Soekarno ini jago masak seperti ibu rumah tangga lainnya. Ada menu andalan Megawati yang sampai bikin Prabowo ketagihan. Simak fakta kulineran Megawati seperti berikut.

1. Tak segan makan di warteg
Tahun 2013 lalu, Megawati menyambangi warteg di kawasan Pulomas, Jakarta Timur. Kala itu ia ditemani Joko Widodo (Jokowi) yang masih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Kedunya tengah memantau Waduk Pluit dan Waduk Ria Rio.

Megawati terlihat santai duduk di warteg dengan ‘pemandangan’ etalase kaca berisi puluhan lauk khas warteg. Terungkap ia memilih lauk ikan lele goreng, sayur pare, dan tempe. Disinggung soal makan di warteg, Megawati ternyata mengaku sudah makan di warteg sejak dulu. “Salah kalau saya dibilang nggak pernah makan di warteg. Dari dulu saya makan di warteg,” katanya waktu itu.

Adalah Warteg 21 atau dikenal dengan nama Warteg Ma’ Djen yang beruntung disambangi Megawati dan Jokowi kala itu. Lokasinya persis di sebelah SMU Negeri 21. Warteg ini didirikan Ibu Djaeni atau yang lebih dikenal dengan panggilan Ma’ Djen.

 

2. Jago masak nasi goreng
Pertemuan Megawati dan Prabowo Subianto pada akhir Juli 2019 begitu mencuri perhatian. Sebab dua politisi ini berdialog di tengah panasnya momen pemilihan presiden. Megawati pun membuatkan sajian spesial untuk politisi Gerindra itu. Ia membuatkan Prabowo nasi goreng yang memang jadi favorit mantan suami Titiek Soeharto itu.

“Tadi Ibu Mega memenuhi janjinya memasak nasi goreng untuk kami. Luar biasa nasi gorengnya, saya sampai nambah, padahal beliau sudah ingatkan saya suruh diet,” puji Prabowo kala itu. Selain nasi goreng, Megawati juga menyuguhkan bakwan sayur dan es kopyor.

Soal racikan nasi goreng Megawati, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto sempat mengungkap resep rahasia nasi goreng ala Megawati. Kabarnya nasi goreng dibuat dengan 3 tahapan. Menggunakan berbagai bumbu dan rempah nikmat.

3. Doyan bakmi Jawa
Tak melulu sajian restoran mahal dan mewah, Megawati juga menyukai bakmi Jawa racikan kaki lima. Ia kerap menikmati Bakmi Jawa Pak H. Minto yang ada di Jl. Cut Mutia, Kebon Sirih. Sudah ada sejak 1964, warung tenda ini menyajikan menu nasi goreng, nasi ruwet, mie godog hingga nasi godog selain bakmi Jawa.

Racikan bakmi Jawa yang buka malam hari ini terdiri dari mie telur, irisan tomat dan kol, serta suwiran daging ayam kampung. Tak ketinggalan taburan seledri dan bawang goreng. Untuk harganya masih sangat terjangkau, sekitar Rp 19.000.

Untuk restoran, Megawati dikabarkan pernah bersantap di Tugu Kunstkring. Restoran di Jl. Teuku Umar ini menyajikan masakan Indonesia, peranakan, China dan Belanda. Ia juga pernah menyambangi Plataran Menteng yang merupakan tempat finalisasi pencalonan Jokowi dan Ma’ruf Amin sebagai Calon Presiden di Pilpres 2019.

4. Suka ayam pop
Foto: dok. detikFood
Selain bakmi Jawa, Megawati menyukai hidangan tradisional lain. Salah satunya ayam pop buatan restoran Minang, Sari Ratu. Restoran ini terbilang legendaris karena sudah ada sejak 35 tahun lalu. Bahkan Sari Ratu sudah memiliki cabang di Malaysia dan Singapura.

Ayam pop Sari Ratu sedikit berbeda dari ayam pop lain. Tampilannya tidak putih pucat melainkan agak kecokelatan. Rupanya ayam pop digoreng sebentar sebelum disajikan. Untuk pelengkapnya bukan sambal berwarna oranye, tetapi kecap manis. Ayam ini juga jadi favorit Jokowi.

Sempat beredar kabar pula bahwa Megawati dak Gus Dur dulu sering mampir ke salah satu rumah makan di wilayah Pancoran, Jakarta Selatan. Di sana, keduanya memilih untuk melahap gado-gado. Selain itu, Megawati juga menyukai ikan bakar khas Gianyar, Bali.

5. Sering makan bareng politisi ternama
Foto: Instagram puanmaharaniri
Kompak bersama sang putri, Puan Maharani, Megawati kerap hadir dalam jamuan makan bersama para politisi pernama dan tokoh penting lain. Hal ini bisa diintip dari akun Instagram Puan. Terlihat Megawati menikmati makanan sambil membicarakan banyak hal.

Misalnya saja ketika bulan puasa, Megawati sempatkan silaturahmi dengan banyak politisi. Mulai dari Pramono Anung sampai Yasonna Laoly. “Alhamdulillah Buka Bersama dan Silaturahmi kemarin (10/5/2019) berjalan dengan lancar dan guyub,” kata Puan yang kala itu hadir bersama Megawati.

Ketika momen Lebaran pun, ia membuka open house untuk banyak politisi. Sebut saja keluarga Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono yang hadir bersama istri masing-masing. Mereka kompak selfie bersama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor: PAR
Sumber: detikfood