Jakarta, CNN Indonesia — Bintang Manchester United Daniel James membicarakan persaingan legenda badminton Malaysia, Lee Chong Wei, dan juga atlet China Lin Dan.

Lee Chong Wei merupakan salah satu pemain besar di nomor tunggal putra. Nama Chong Wei melambung di era 2000-an bersamaan dengan Lin Dan serta Taufik Hidayat.

Di sepanjang kariernya Chong Wei menjuarai berbagai turnamen Super Series dan duduk di posisi nomor satu dunia.

Meski demikian, pebulutangkis kelahiran Perak, Malaysia, itu kurang beruntung saat tampil di turnamen berkelas lainnya, mulai dari Piala Thomas, Piala Sudirman, Kejuaraan Dunia, hingga Olimpiade.

Dalam tiga kesempatan berada di final Kejuaraan Dunia, Chong Wei selalu meraih perak dengan menempati posisi runner-up. Kondisi serupa terjadi di Olimpiade, ‘Datuk’ Chong Wei harus puas dengan perak di edisi 2008, 2012, dan 2016.

Daniel James sebagai pemain baru MU di musim ini mengaku tahu perkembangan badminton, terutama era Chong Wei.

Daniel James sudah mencetak tiga gol dari tujuh pertandingan di Liga Inggris.Daniel James sudah mencetak tiga gol dari tujuh pertandingan di Liga Inggris. (Martin Rickett/PA via AP)

“Saya dahulu pernah bermain badminton. Tentu saja setelah itu beralih ke sepak bola. Tetapi saya selalu menonton badminton,” ujar James dikutip dari Badminton Planet.

Bahkan James mengaku terkesima dengan rivalitas Chong Wei dan Lin Dan di lapangan. Di sepanjang kariernya Chong Wei tercatat 40 kali bertemu lin Dan, dengan 12 pertandingan di antaranya dimenangi Datuk.

“Persaingan antara Lee Chong Wei dan Lin Dan luar biasa,” tutur James.

Saat The Red Devils melakoni tur pramusim ke Singapura, Chong Wei hadir di Stadion Nasional Singapura guna menyaksikan laga MU vs Inter Milan. Chong Wei merupakan salah satu fan Setan Merah.

“Lee Chong Wei sulit dipercaya. Ketika saya bermain di Singapura, saya memberikan tanda tangan untuknya,” ucap James.

“Tetapi, saya memberikan tanda tangan saat dalam antrian yang begitu padat. Jadi, saya tidak bisa melihat dia dengan jelas, dan saya tidak menyadari bahwa itu dia,” kata James melanjutkan.

Setelah itu Chong Wei mengirimi James potongan gambar lewat akun media sosial. James pun meresponsnya, dan keduanya memiliki percakapan yang bagus.

Lee Chong Wei

@LeeChongWei

Huge honour to hear how Daniel James spoke of our acquaintance in his interview with Adam Carruthers.

This is the photo showing me star struck waiting for his signature. It’s amazing how sports can brings people together. https://www.facebook.com/231725927025367/posts/1138890309642253/ 

View image on Twitter
448 people are talking about this

Melalui akun Twitter miliknya, Chong Wei merasa tersanjung dibicarakan Daniel James dalam sebuah wawancara.

“Suatu kehormatan besar mendengar James membicarakan perkenalan kami dalam sebuah wawancara,” ujar Chong Wei. (sry/ptr)

Editor: PAR
Sumber: CNNIndonesia