Berbicara mengenai makanan Jepang, pasti tak jauh-jauh dari ramen atau sushi. Tapi beberapa tahun belakangan, perkembangan kuliner Jepang mengalami peningkatan popularitas.
Tak hanya sajian beratnya, camilan ala kaki lima pun mulai dikenal. Salah satu yang paling familier mungkin adalah takoyaki.
Terbuat dari adonan tepung yang diisi gurita lalu dimasak hingga matang, rasa gurihnya memang cocok dengan lidah ‘lokal’. Apalagi setelah ditambah topping mayonnaise. Beberapa orang bahkan menggunakan saus sambal tambahan.
Bukan hal sulit mencari gerai takoyaki di Tanah Air. Bahkan tak sedikit pula gerai asli Jepang yang telah membuka cabang di Jakarta karena melihat tingginya peminat makanan Jepang yang gurih ini. Salah satunya Gindaco.
Menyemarakkan tren takoyaki di Indonesia sejak 2018, Gindaco menyajikan takoyaki dengan cita rasa autentik yang mirip di Jepang. Menariknya, takoyaki berukuran besar dan padat, dengan potongan gurita jumbo jadi ciri khas di Gindaco. Tak heran, meski baru berdiri satu tahun, Gindaco telah memiliki 7 cabang yang tersebar di Jabodetabek.
Varian rasanya pun beragam, mulai dari takoyaki original, takoyaki saus mentai, hingga yang terbaru ada cheese jalapeno nan creamy. Nah, varian yang terakhir ini punya rasa takoyaki yang terbilang unik banget!
Takoyaki umumnya hanya berlumur saus cokelat manis-asin dan taburan katsuobushi atau serutan ikan tongkol kering. Tapi varian cheese jalapeno justru disajikan bersama siraman saus keju kental dan salad segar dari tomat dan selada di atasnya.
Sesuai namanya, saus kejunya punya sedikit sentuhan jalapeno yang identik dengan rasa pedas. Tapi saat dicicipi, rasa saus kejunya justru tidak terlalu pedas. Justru rasa asin, manis, dan creamy-nya yang sangat terasa di lidah, bahkan hingga menutupi rasa asli takoyaki.
Sebagai penambah rasa, takoyaki juga diberi taburan rumput laut kering dan daun basil. Dan saat digigit, tekstur guritanya masih lembut dan sedikit kenyal di lidah. Nikmat!
Selain berisi potongan gurita, takoyaki di Gindaco juga bisa diisi dengan sosis. Menggunakan sosis bratwurst premium, ternyata takoyaki berisi sosis juga tak kalah menggugah selera, lho.
Selain menu baru di atas, masih banyak lagi varian takoyaki ala Gindaco yang dibanderol mulai Rp 33-60 ribuan per porsinya. Seperti takoyaki cheese mentaiko dengan siraman japanese mayo hingga teriyama takoyaki yang berlumur saus teriyaki.
Tertarik mencoba?
Editor: PAR
Sumber: kumparan