Peluncuran iPhone X Foto: AP Photo/Marcio Jose Sanchez
Praktik jailbreak pada perangkat iPhone saat ini sudah jarang ditemukan. Apple yang terus meningkatkan keamanan perangkatnya membuat para peretas sulit melakukan jailbreak pada iPhone.
Jika seseorang melakukan jailbreak, dia dapat mengubah pengaturan perangkat lunak sedemikian rupa di iPhone. Banyak pengguna Android yang melakukan jailbreak untuk memodifikasi kebutuhan software.
Namun, baru-baru ini seorang ilmuwan keamanan siber bernama @axi0mX baru saja merilis jenis jailbreak baru yang dapat meretas ponsel iPhone tanpa pernah bisa diperbaiki oleh Apple. Jailbreak baru ini dinamai Checkm8 dan mengeksploitasi kerentanan keamanan Bootrom dalam perangkat iPhone.
Jailbreak baru ini bisa dibilang spesial. Pasalnya, jailbreak yang dilakukan oleh orang awam hanya menyerang sistem operasi dari ponsel iPhone dan Apple dapat menambalnya dengan memberikan update.
Namun, jailbreak yang ditemukan oleh axi0mX bersifat permanen karena menyerang Bootrom yang penambalannya memerlukan revisi silikon, yang berarti modifikasi fisik pada chipset perangkat, sesuatu yang tidak dapat diperbaiki oleh Apple tanpa menarik perangkat dari pasar atau penggantian massal.
Penemuan Checkm8 juga bisa dibilang sebagai sebuah pencapaian karena jailbreak berbasis iOS Bootrom terakhir kali dirilis pada tahun 2009. Banyak orang yang mengira jenis jailbreak ini tidak mungkin lagi dilakukan.
Dilansir ZDNet, jailbreak Checkm8 yang ditemukan Axi0mX tersedia di GitHub. Kode ditandai sebagai rilis “beta”. Meski orang awam dapat mengaksesnya, namun jailbreak ini tidak direkomendasikan bagi pengguna tanpa keterampilan teknis yang tepat.
Peluncuran iPhone 8 dan iPhone 8 Plus Foto: REUTERS/Stephen Lam
Adapun Checkm8 dapat diterapkan pada semua perangkat iOS yang berjalan pada chipset A5 hingga A11, mencakup delapan generasi perangkat dari iPhone 4S hingga iPhone 8 dan X. Hanya dua chipset iPhone terbaru, yakni A12 dan A13, yang tidak kompatibel dengan jailbreak ini.
Selain itu, publikasi Checkm8 oleh axi0mX sebenarnya menyimpan bahaya. Salah satunya, mungkin saja peretas dapat menggunakannya untuk mengeksploitasi perangkat korban yang dituju.
Namun, pengguna iPhone mungkin bisa sedikit bernafas lega. Berita baiknya, jailbreak Ckeckm8 ini membutuhkan akses fisik langsung ke perangkat dan tidak dapat dilakukan dari jarak jauh.
Editor: PAR
Sumber: Kumparan