Memperingati Hari Batik Nasional bukan hanya dengan cara memakai bajunya saja, lho. Beberapa makanan, terutama kue, juga bisa menjadi ‘kanvas’ untuk melukis motif batik nan cantik. Sehingga kue-kue ini bisa menjadi persembahan istimewa yang menggugah selera.
 
Saking cantiknya, tampilan kue batik ini bikin kamu enggak tega menyantapnya. Detail dan permainan warna indah dari setiap adonan yang dipakai untuk melukis motifnya, membuat kuenya jadi tampak mewah. Enggak percaya? Coba saja lihat beberapa kue batik berikut ini:
1. Lapis beras
Kue lapis merupakan salah satu camilan tradisional yang terbuat dari tepung beras. Manis, kenyal, dan legit membuat kue ini mudah diterima lidah. Jika biasanya kue yang juga dikenal dengan sebutan lapis beras ini hanya bermotif garis-garis, maka ada yang mencoba menyajikannya dengan pola batik.
Motifnya terbuat dari edible stamp yang aman untuk dimakan karena terbuat dari tepung kentang. Stampnya juga mudah diaplikasikan langsung di atas lapis beras. Ditambah warna-warnanya yang beragam membuat lapis beras ini jadi unik, ya?
2. Batik cake
Siapa yang tahan dengan godaan batik cake secantik ini? Motif batik kupu-kupunya tampak timbul, sehingga cake ini terlihat istimewa. Dengan warna dasar hitam, dipadukan merah muda, biru, dan emas, motif batik ini terlihat lebih menyala.
Apa kamu tega memakan kue bercita rasa butter cream ini?
3. Kue batik fondan
Enggak kalah menarik, kue berbentuk persegi ini juga dilapisi fondan bermotif batik yang terlihat sangat detail. Bernuansa cokelat, kue ini tampak seperti kue yang dilapisi sehelai kain batik khas Jawa.
Kue batik seperti ini cocok untuk disajikan dalam perayaan ulang tahun, anniversary, atau dijadikan wedding cake.
4. Lapis surabaya
Kue lapis surabaya biasanya tak bermotif. Tapi jangan salah, kue cokelat ini juga bisa diberi hiasan motif batik yang membuat tampilannya jadi unik.
Bahkan karena diberi motif batik, kue ini bisa dijadikan hantaran atau hadiah spesial untuk kerabat. Apalagi di Hari Batik Nasional ini, kue-kue bermotif seperti ini pas banget buat kamu sajikan di rumah. Rasanya yang manis dan lembut ditambah motif batik nan unik, semakin membuat kue lapis surabaya ini tampak menggoda, bukan?
5. Batik cupcake
Kue yang juga cocok diberi hiasan motif batik lainnya adalah cupcake. Memang kue kecil ini kerap disajikan dengan aneka motif topping yang unik-unik, makanya enggak heran kalau kamu juga mau menyajikan batik cupcake.
Kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan pilihan warna serta motif yang lucu-lucu; mulai dari bunga, daun, kupu-kupu, dan motif batik lainnya. Menarik, ya?
Editor: PAR
Sumber: kumparan