Anggota DPR periode 2019-2024 sebagian besar diisi wajah baru, salah satunya adalah Hillary Brigitta Lasut. Dia anggota DPR termuda yang duduk di Senayan dari Partai NasDem. Usianya terbilang belia untuk berkecimpung di dunia politik, yakni 23 tahun.
Meski demikian, Hillary mengaku tak asing dengan dunia politik. Sebab latar belakang keluarganya juga berkecimpung di dunia politik.
“Jadi anggota DPR RI termuda, sehingga memang kalau mau dibilang familiar dengan dunia politik sebenarnya familiar, karena dari kecil saya hidup dari keluarga yang berpolitik,” kata Hillary kepada kumparan, Selasa (1/10).
Ayah Hillary merupakan Bupati Kepulauan Talaud terpilih Elly Engelbert Lasut. Ibu Hillary, Telly Tjanggulung juga pernah menjabat Bupati Minahasa pada 2008-2013.
Meski berhasil melenggang ke Senayan, lantas tak membuat Hillary senang begitu saja, di sisi lain ia harus bisa memegang amanah dari rakyat.
“Walaupun ada excited, ada senangnya karena akhirnya dilantik, bisa cepat-cepat berbuat untuk rakyat, tetapi di sisi lain juga terbeban karena kita tahu tanggungjawab kita juga jadi lebih besar,” katanya.
Sebagai pimpinan sidang sementara Pelantikan DPR/DPD, Hillary optimistis bisa menjalankan tugas itu dengan baik. Dia mengaku sejak dulu juga sudah berkecimpung di berbagai organisasi.
Hillary mengatakan, sejak SMP dan SMA telah aktif di organisasi kesiswaan. Ia pernah terpilih menjadi Ketua OSIS saat di bangku SMA. Tak hanya itu, di kampus juga dia aktif di Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan.
“Tidak pernah ada satu fase dalam diri saya di dalam hidup ini yang pernah dilewati tanpa ada latar belakang organisasi. Jadi, memang selalu berorganisasi tanpa henti dan sekarang juga jadi pengurus Garda Pemuda Partai NasDem,” sebutnya.
Lebih jauh, Hillary tak ingin memberikan janji palsu kepada rakyat. Dia mengaku, polemik yang terjadi di masyarakat terkait UU kontroversial belakangan adalah akibat rendahnya kinerja DPR. Dia pun berkomiten untuk mengubah hal itu.
“Masyarakat mudah terprovokasi itu karena rendahnya kinerja DPR, dan kami dulu ada di posisi masyarakat. Kini, kami ditempatkan dalam sistem, kami tahu apa yang harus kami berikan kepada masyarakat,” tandasnya.
Rencananya Hillary bersama 574 anggota DPR periode 2019-2024 lainnya akan dilantik hari ini, Selasa (1/10). Upcara pelantikan akan dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB.
Editor: PAR
Sumber: kumparan