Mencuci peralatan makan dan minum bayi saja belumlah cukup, Moms. Sebaiknya setelah dicuci, peralatan tersebut disterilkan menggunakan sterilizer khusus. Hal ini dikarenakan mencuci peralatan makan dan minum bayi belum tentu dapat menjamin kehigienisannya.
Ya, mensterilkan peralatan makan dan minum bayi sangatlah penting. Selain menjamin kebersihannya, mensterilkan peralatan dan minum bayi dapat mencegah si kecil terhindar dari masalah kesehatan, terutama kesehatan mulut dan pencernaannya.
“Steril itu penting, apalagi untuk berbagai peralatan makan anak. Ini tujuannya untuk menghindari diare, pupnya bermasalah dan berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan saluran cerna anak,” ujar Dokter Spesialis Anak dari Brawijaya Hospital, dr. Diana Chandra, Sp.A, dalam acara Sahabat Ibu Pintar 1st Anniversary di Lippo Mall Kemang, Sabtu (28/9).
Pada laman The Bump menjelaskan bahwa mensterilkan peralatan makan dan minum bayi itu penting dilakukan, terutama saat Anda pertama kali membelinya, baik itu peralatan pinjaman atau secondhand. Sebab lagi-lagi air yang dipakai untuk mencuci peralatan makan dan minum, tidak terjamin kebersihannya.
Dalam laman itu pula, Samira Armin, MD, dokter anak di Texas Children’s Pediatrics, AS, mengatakan bahwa sterilisasi tidak perlu dilakukan setiap peralatan makan dan minum itu digunakan, Moms. Seminggu tiga kali seharusnya, maka lebih dari cukup untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang tidak terkendali, serta apabila akses air bersih di rumah Anda berkualitas baik.
Lagipula menurut dokter anak lainnya, Daniel Ganjian, MD, di Santa Monica California, AS, kualitas botol bisa jadi menurun apabila terlalu sering disterilisasi. “Sterilisasi secara teratur berpotensi merusak botol dan memungkinkan bahan kimia masuk ke dalam susu,” kata Daniel.
Artis Ratna Galih yang juga seorang ibu, membagikan pengalamannya tentang produk sterilizer di acara Sahabat Ibu Pintar 1st Anniversary. “Kalau aku otomatis cari yang praktis pake sterilizer. Apalagi sekarang zaman sudah canggih. Salah satunya pake produk 59s. Kelebihannya: satu, portable, lalu bentuknya macam-macam jadi gampang dibawa sesuai kebutuhan,” katanya dalam perayaan hari jadi komunitas yang diusung Blibli.com tersebut.
Editor: PAR
Sumber: kumparan