JakartaPartai NasDem akan mendapat satu kursi pimpinan DPR periode 2019-2024. Partai pimpinan Surya Paloh itu menunjuk eks Mendag Rachmat Gobel untuk posisi tersebut.

“Tadi malam di Shangri-la Hotel saat acara silaturahmi antara DPP Partai NasDem dengan 59 caleg terpilih menyampaikan 3 hal,” ungkap Ketua DPP NasDem, Irma Suryani Chaniago kepada detikcom, Senin (30/9/2019).

Hal pertama yang disepakati dari pertemuan tersebut adalah penunjukan Ahmad Ali sebagai Ketua Fraksi NasDem. Kemudian juga ada pemilihan soal unsur pimpinan DPR dan unsur pimpinan MPR.

“Rachmat Gobel sebagai unsur pimpinan DPR, Lestarie Moerdijat sebagai unsur pimpinan MPR,” kata Irma.

Saat ditanya apakah pemilihan ini berdasarkan perintah dari sang ketum, Surya Paloh, ia menyebut itu merupakan kesepakatan bersama. Penunjukan itu, kata Irma, disetujui oleh DPP NasDem.

“Penunjukan sekaligus usulan yang disetujui DPP. Tepatnya penunjukan yang disetujui DPP,” sebutnya.

Irma menjelaskan alasan mengapa tiga orang tersebut yang dipilih. Ketiganya disebut memiliki kapasitas untuk posisi masing-masing.

“Karena memang sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan accountabilities,” sebut Irma.

NasDem Tunjuk Rachmat Gobel Jadi Pimpinan DPR

Berdasarkan UU MD3 No 2/2018, kursi Ketua DPR diberikan kepada parpol dengan raihan suara terbanyak, dalam hal ini PDIP. Sementara itu, empat wakil pimpinan DPR menjadi jatah parpol pemenang pemilu sesuai dengan urutan.

Dari hasil rekapitulasi Pemilu 2019, NasDem masuk 5 besar pemenang Pemilu 2019. Untuk itu, partai pimpinan Ketum Surya Paloh itu diprediksi mengamankan satu kursi pimpinan DPR. Untuk MPR, 10 fraksi akan mendapat jatah kursi pimpinan. Anggota MPR/DPR/DPD RI akan dilantik esok hari, Selasa (1/10).

Editor: PAR
Sumber: detiknews