Ketika bayi Anda sudah berusia 6 bulan (atau kurang atas rujukan dokter), maka ia sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan lain selain ASI.
Ini artinya saat mengajak si kecil bepergian, Anda sudah bisa menyediakan camilan untuk menghalau rasa bosan dan pengganjal di antara waktu makan, supaya ia tak terlalu lapar. Pastikan pilih yang sehat, demi menunjang proses tumbuh kembangnya, Moms.
Merangkumnya dari laman Parents, 6 camilan ini bisa jadi pilihan:
1. Apel dan pir
Buah pir baik dikonsumsi untuk puasa Foto: Thinkstock
Kupas kulitnya, potong-potong seukuran yang bisa bayi genggam, dan kukus. Baik apel dan pir, baik untuk kebutuhan serat hariannya, Moms.
2. Keju potong
Jenis-jenis keju Foto: Shutterstock
Dalam keju terkandung kebutuhan protein dan kalsium yang baik untuk si kecil. Tentu Anda bisa memberi potongan keju pada anak. Meski begitu, ahli juga menyarankan agar orang tua memberikannya saat usia anak lebih dari 8 bulan.
3. Telur rebus
Sajikan telur rebus yang betul-betul matang untuk anak Foto: Shutterstock
Potong kecil-kecil telur yang sudah direbus, Moms. Dalam telur juga tersimpan kandungan protein yang baik buat bayi.
4. Potongan daging
Ilustrasi daging brisket Foto: dok.shutterstock
Pastikan asupan zat besinya juga terpenuhi lewat camilan. Anda bisa menyediakan irisan daging ayam yang dipadukan keju, misalnya.
5. Biskuit
Pastikan Anda memilih yang tidak mengandung aneka bahan makanan yang tidak diperlukan bayi, di antaranya kadar gula tinggi dan mengandung protein susu sapi, bila si kecil punya alergi terhadapnya.
6. Roti isi selai kacang
roti dengan selai kacang Foto: Shutterstock
Pada selai kacang terkandung lemak sehat yang juga dibutuhkan si kecil, Moms. Oleskan tipis-tipis pada roti tawar, kemudian potong roti kecil-kecil, sehingga mudah digenggam bayi.
Editor: PAR
Sumber: Kumparan