Jakarta – Selain sushi dan ramen, Jepang punya nasi kari dengan katsu atau daging yang enak. Jika ingin mencobanya, berikut 7 restoran kari yang wajib Anda coba saat di Tokyo.

Kari memang telah menjadi makanan favorit orang Jepang, jadi tak heran jika Anda akan menemukan banyak restoran kari saat berkunjung ke Tokyo. Paduan nasi hangat dengan siraman kari yang kental membuat sajian ini memang selalu dicari.

Kari Jepang umum dilengkapi dengan katsu atau tempura yang membuat rasanya makin enak. Dilihat dari sejarahnya, kari ternyata baru dikenal di Jepang sekitar 150 tahun lalu. Kari dibawa pelaut Inggris.

Kala itu mereka membuat kari khas India sebagai makanan pokok mereka selama melaut. Resep kari lalu muncul tahun 1872 dalam buku masakan berbahasa Jepang, Japanese Cooking Michimasa Second Volume. Tertulis ragam bahan dan bumbu untuk membuat kari.

Nah, kalau mau cicip kari paling enak di Tokyo, Tabelog yang merupakan situs rekomendasi restoran populer di Jepang telah merilis 100 restoran kari terbaik di sana. Berikut 7 restoran kari terenak seperti dilansir dari Tsunagu Japan (19/9).

1. Tomato

Tomato ialah restoran kari yang lokasinya nyaman dengan hanya 15 kursi yang tersedia disana. Meskipun restoran ini berada di area perumahan, namun kari yang mereka jual memiliki rasa yang luar biasa dan berbeda dengan restoran kari lain manapun yang ada di Tokyo.

Untuk datang kesini, hanya 5 menit dari Stasiun Ogikubo dengan berjalan kaki. Menu rekomendasi di restoran ini adalah Beef Java Curry ala Jepang. Kari disini menggunakan daging sapi wagyu yang sangat lezat.

Anda bisa mendapatkan kari dengan harga antara 1.950 yen hingga 3.400 yen, atau sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu. Kari disini memang memiliki harga yang lebih mahal diantara restoran kari lainnya, namun rasa kari mereka memang sepadan.

2. Spicy Curry Roka

Spicy Curry Roka ialah sebuah restoran kecil yang hanya menyediakan sembilan kursi. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit jika Anda berjalan kaki dari pintu keluar Selatan Stasiun Okubo.

Di restoran ini Anda bisa mencicipi kari dengan jumlah terbatas yang berbeda setiap kali Anda berkunjung. Salah satu menu mereka adalah Kocha-buta Spareribs Curry dengan salad, yang memiliki harga 900 yen atau sekitar Rp 117 ribu.

Kari disini menggunakan daging babi yang direbus dalam teh hingga sangat lembut. Tak perlu khawatir, hidangan ini cukup sehat karena dimasak hanya dengan teh, tomat, dan bawang.

3. Delhi – Cabang Ueno

Delhi adalah sebuah restoran populer yang didirikan dari tahun 1956. Restoran ini sering dikunjungi oleh pegawai kantor dari kantor-kantor terdekat disana, serta penduduk setempat.

Mereka menyajikan kari dan hidangan Chicken and Pakistani. Restoran ini dekat dari Stasiun Okachimachi. Kerap jadi pilihan mereka yang ingin cicip kari Jepang sedikit berbeda.

Menu rekomendasi mereka ialah Kashmir Curry. Hidangan ini mungkin tidak terlihat pedas, namun ketika dimakan rasa pedasnya akan terasa. Disini Anda juga bisa menambahkan kari dengan mentimun dan bawang sepuasnya.

4. Dharmasagara

Dharmasagara ialah restoran yang memiliki pemandangan indah dan ketika malam akan menampilkan pemandangan yang spektakuler, sehingga cocok untuk dikunjungi ketika malam hari.

Restoran ini terletak di lantai dua Ginza Eight Building, dan hanya berjarak satu menit jika berjalan kaki dari Pintu Keluar No.5 Stasiun Ginza.

Restoran ini memiliki kari gaya India Selatan dengan rasa rempah yang kuat, namun santan yang digunakan dalam kari agak manis dan ringan. Menu ini pun dapat dinikmati oleh anak-anak.

5. Katchar Batchar

Katchar Batchar yang berjarak sekitar 3 menit jika berjalan kaki dari Stasiun Shin-Otsuka ini adalah sebuah restoran terkenal. Bukan hanya menempati peringkat di 100 Restoran Kari Tabelog, namun selama tiga tahun berturut-turut juga telah mendapatkan Penghargaan Perunggu Tabelog Award.

Restoran ini adalah tempat yang telah direkomendasikan oleh beberapa pelanggan. Sebab mereka menyajikan kari India terbaik di seluruh area Tokyo. Meski namanya kari India, banyak warga Tokyo menyukainya.

Hidangan yang direkomendasikan di sini adalah Butter Chicken and Cheese Kulcha. Chicken Butter mereka, memiliki rasa manis dan asam dari tomat, sehingga rasanya benar-benar lezat dan unik.

6. Curry Rice Dylan

Restoran ini adalah restoran yang nyaman dan hanya memiliki 14 kursi dan meja. Namun restoran ini sangan penuh ketika jam makan siang karena dipenuhi oleh para pekerja kantor. Untuk datang kesini, hanya membutuhkan waktu 2 menit jika berjalan kaki dari pintu keluar B3 Stasiun Ogawamachi.

Makanan rekomendasi disini ialah Half & Half – Chicken & Chicken Keema. Kari ini dihindangkan dengan telur dan bayam mustard Jepang. Chicken Keema adalah telur orak-arik rasa kari yang pas disajikan dengan bayam mustard Jepang.

Chicken Keema rasanya sedikit pedas, tetapi karena dimakan dengan telur, rasanya menjadi ringan di mulut Anda. Atasnya juga ditaburi dengan daun ketumbar, sehingga kari akan memiliki rasa yang lebih menyegarkan.

7. Momo no mi – Cabang Suidobashi

Momo no mi berjarak sekitar 5 menit jika berjalan kaki dari Stasiun Suidobashi. Restoran ini agak kecil karena hanya 16 kursi yang tersedia. Namun disini memiliki suasana yang ramah bagi para pelanggannya, baik ketika Anda sendiri maupun bersama teman-teman.

Menu yang paling direkomendasikan adalah Keema Curry. Kari disini adalah kari yang kaya dan lezat dengan daging yang tidak memiliki rasa pahit.

Bumbu yang digunakan juga tidak terlalu pedas dan memiliki rasa yang sangat kaya rempah. Sedangkan untuk topping, restoran ini menawarkan beberapa topping paling populer di Jepang seperti acar jahe merah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor: PAR
Sumber: detikfood