Jakarta,  Seorang mahasiswi sontak menjadi viral usai melakukan demo mahasiswa terkait penolakan revisi UU KUHP dan UU KPK di depan gedung DPR/MPR, Selasa (24/9). Alih-alih viral karena aspirasi penolakan kebijakan, mahasiswi asal Malang tersebut justru tenar karena menggunakan foundation anti-luntur yang membuat wajahnya tetap ‘flawless’ selama aksi demo berlangsung.

Dalam twitter @badgaldidi, ia menyebutkan merek make up apa saja yang dikenakan termasuk daya tahannya, mulai dari foundation, lip cream, maskara, hingga eyebrow.

mbak didi@badgaIdidi

Highlighter pakai Anastasia Beverly Hills yang sundipped gengs. Bagus nya pas 1-3 jam pertama. Selanjutnya dah kaya kilang minyak Wkwkwkwk. Ini cocoknya dipake kalo duduk di kursi dpr dengan ruangan ber AC sih bukan di jalanan kalo lagi demo wkwlwlwllwlwk.

mbak didi@badgaIdidi

Mascara pake maybelline juga dooooong yang lash sensational. Tidak smudge dan juga waterproof. Btw dia susah dibersihkan, kaya korupsi di Indonesia wkwkwkwk. Bonus pap mata sy dan banner tadi waktu duduk duduk lucu depan kantor pejabat.

View image on Twitter
532 people are talking about this

Tak hanya aktivitas demo, lalu lintas yang terhambat akibat demo juga membuat banyak wanita yang terjebak di tengah teriknya matahari, berdesakan di lembabnya udara dalam transportasi umum, yang berpotensi membuat tampilan wajah menjadi kusam.

Agar tampilan wajah tetap flowless walau seharian demo, termasuk beraktivitas lebih lama di luar ruangan, berikut tahapan dalam ber-make up agar make up tahan seharian.

1. Pelembap

Kondisi kulit yang prima menjadi kunci utama agar makeup bertahan lama. Lisa Potter-Dixon, juru rias sekaligus penulis buku kecantikan berkata, kulit juga musti disiapkan dan diberi pelembap sebelum tersentuh kosmetik.

Bila tidak dirawat, kulit wajah berpotensi kering dan pecah-pecah, dan menjadi awal ‘bencana’ yang membuat makeup tak menempel sempurna.

2. Primer

Setelah kulit terhidrasi, Potter-Dixon menyarankan untuk menggunakan primer. Ibarat sebuah lem, primer dinilai dapat membuat makeup menempel lebih lama.

Selain itu, primer berguna untuk melapisi pori-pori besar pada wajah, sehingga dapat mengontrol keluarnya minyak berlebih, sehingga membuat wajah tak mudah berminyak. Untuk penggunaan sehari-hari, baiknya pilih primer yang ringan.

3. Alas bedak

Pilih alas bedak atau foundation yang tahan air alias waterproof. Pelembab jenis ini umumnya tak mudah terkikis oleh keringat atau udara lembap. Potter-Dixon menyarankan alas bedak yang ringan dengan kandungan SPF. Untuk hasil optimal, aplikasikan alas bedak dengan spon lembap.

“Dengan cara ini, kulit Anda terlindung dari sinar matahari dan kulit sehat berkilau. Kosmetik seperti CC cream juga jadi pilihan brilian untuk musim panas,” kata dia melansir dari Independent (24/8).

4. Make up tahan air

Pemilihan maskara atau eyeliner tahan air akan membuat Anda terhindar dari tragedi mata panda akibat makeup yang luntur.

Beberapa produk lipstik juga tersedia dalam versi tahan air. Bahkan, ada sejumlah produk perona bibir yang mengklaim tak akan luntur setelah Anda makan.

5. Setting spray

Setting spray adalah cara untuk mengunci makeup,” ujar Potter-Dixon.

Menyemprotkan setting spray usai berdandan akan membantu makeup bertahan lebih lama. Selain mengunci makeupsetting spray juga berfungsi agar makeup tidak pecah alias cakey walau digunakan seharian.

(els/ayk)

Editor: PAR
Sumber: CNNIndonesia