Foto: Ari SaputraFoto: Ari Saputra

 

JAKARTA, POJOK BATAM.ID – Emas bisa dibilang menjadi salah satu bentuk investasi paling populer dan diminati oleh semua kalangan masyarakat. Harganya yang stabil dan cenderung alami peningkatan tiap tahunnya, wajar jika banyak orang tertarik untuk investasi dalam bentuk emas.

Emas sendiri banyak bentuknya, ada yang batangan maupun bentuk perhiasan. Untuk investasi, mana yang lebih cocok, emas batangan atau perhiasan?

Untuk mengetahui besar keuntungan yang didapatkan antara investasi emas perhiasan atau emas batangan, alangkah baiknya ketahui dulu jangka dari investasi yang akan dilakukan.


Penjual emas di Pasar Cikini Gold Center, Feri (30) mengatakan jika investasi dilakukan dalam jangka panjang maka emas yang tepat jatuh pada emas batangan. Lain lagi jika investasi hanya untuk jangka pendek, Anda bisa pilih emas dalam bentuk perhiasan.

“Kalau jangka panjang mau ada untungnya ya emas batangan. Kalau misalkan cuma karena lagi ada uang terus pengin bergaya ya perhiasan paling lebih-lebih dikit,” ungkap Feri saat berbincang dengan¬†detikcom¬†(27/9/19).

Hal itu dikarenakan emas batangan memiliki tingkat kenaikan harga setiap tahun yang cukup tinggi dibanding perhiasan. Ditambah lagi, potongan jual emas batangan lebih kecil dibanding emas perhiasan.

“Rata-rata potongan emas perhiasan dari toko itu 20% dari harga pembelian. Kalau batangan kan tergantung dari Antam saat itu harganya (payback) sedang naik atau turun,” lanjut Feri.

Terakhir, sebelum memutuskan untuk investasi emas batang atau emas perhiasan Anda bisa pertimbangkan dari sertifikat emas yang dimiliki oleh Antam. Dimana saat ini Antam merupakan satu-satunya produsen emas yang memiliki sertifikasi London Bulion Market Association (LBMA) di Indonesia.

(dna/dna)

Editor: PAR
Sumber: detikfinance