Bakal ada saatnya ketika bekerja, bosmu memberikan pekerjaan tambahan. Kamu merasa mustahil menerima pekerjaan tambahan, padahal pekerjaanmu yang lain belum selesai.
Well, menolak itu enggak ada salahnya, asal dilakukan dengan benar. Dilansir Times of India, begini cara bilang enggak ketika kamu dibebani pekerjaan yang berlebihan.
1. Berikan alasan yang logis
Memberikan alasan yang logis adalah salah satu cara agar kamu selamat dari situasi ini. Jangan sampai kamu langsung bilang enggak dan menolak tawarannya.
Jelaskan bahwa kamu saat ini sedang dibebani dengan pekerjaan lain. Jelaskan secara detail apa yang membebanimu, bosmu juga bakal mengerti pekerjaanmu.
2. Kalau enggak berhasil, berikan solusi alternatif
Bersikap aktif dan menunjukkan bahwa kamu memang ingin terlibat dalam pekerjaanmu bisa jadi salah satu cara menolak tawaran pekerjaan dari bosmu.
Kamu bisa tunjukkan kemampuan menyelesaikan masalahmu dengan memberikan solusi alternatif. Bisa dengan menawarkan rekanmu yang lain untuk mengerjakannya atau meminta bosmu memundurkan deadline pekerjaan yang ditawarkan.
3. Lihat dulu mood bos kamu
Sebelum berbicara dengan bosmu, lihat dulu moodnya. Kalau bosmu terlihat sedang kesal atau pusing, jangan menambah beban pikirannya. Kamu malah akan memperparah situasi.
Tapi jangan sampai kamu menunda terlalu lama. Karena, bosmu juga perlu mencari penggantimu.
4. Pikirkan matang-matang sebelum berbicara
Sebelum berbicara, kesampingkan dulu masalah personalmu. Jangan sampai kamu menolak tawaran pekerjaan karena kamu merasa enggak nyaman dengan tim atau lingkungan kantormu.
Bicaralah hanya yang berhubungan dengan pekerjaanmu. Buat percakapanmu singkat namun tetap spesifik.
5. Terkadang, kamu memang harus jujur
Kalau bosmu terus-terusan memberi kamu pekerjaan tambahan dan meminta kamu untuk pulang lebih larut, ada baiknya kamu langsung jujur saja.
Minta waktu bosmu untuk berbicara tatap muka. Jelaskan mengapa kamu keberatan dengan apa yang selama ini diberikan kepadamu.
Kamu juga perlu mengerti batasan yang kamu miliki. Jangan sampai kamu kelelahan bekerja dan menjadi stress.
6. Jangan lupa berterima kasih
Setelah menyampaikan apa yang ingin kamu sampaikan, jangan lupa ucapkan terima kasih. Ucapkan ‘terima kasih sudah mau mengerti’ atau ‘terima kasih sudah memberikan saya kesempatan pekerjaan ini’.
Menyelesaikan masalah dengan sikap positif enggak ada salahnya, kan?
 
Editor: PAR
Sumber: kumparan