SURABAYA – Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Jean Calvijn Simanjuntak resmi menjabat Kapolres Trenggalek setelah dilantik Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan, Senin (23/9/2019). Pelantikan ini berdasarkan surat Telegram Rahasia Kapolri Jendral Tito Karnavian, Selasa (3/8/2019).”Ya, ini adalah tugas dan tanggung jawab baru yang saya emban. Ini adalah bentuk kepercayaan institusi Polri kepada saya. Ini amanah yang harus saya jaga. Saya akan bekerja maksimal untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga Trenggalek dalam menjalankan aktifitas,” katanya usai pelantikan di Mapolda Jawa Timur.Jean Calvijn Simanjuntak adalah Perwira menengah Polri berpangkat dua melati lulusan Akademi Kepolisian tahun 1999. Kemudian lulusan tahun 2007 Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) dan Lulusan tahun 2015, Sekolah Staf Pimpinan Menengah (SESPIMMEN POLRI).
Sebelum dipercaya menjadi Kapolres Trenggalek, polisi milenial ini menjabat sebagai Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Sebelumnya AKBP Jean Calvijn pernah menjabat sebagai Kabag Ops Polres Metro Jakarta Utara Polda Metro Jaya tahun 2016, Kasubdit III Ditreskrimum Polda Papua Barat tahun 2016, Kabag Binops Biro Operasi Polda Papua Barat tahun 2016, Kabag Binlat Biro Operasi Polda Papua Barat tahun 2015, Waka Polres Simalungun Polda Sumut tahun 2014, Kasat Reskrim Polresta Medan Polda Sumut tahun 2013,
Kapolsek Medan Baru Polresta Medan Polda Sumut tahun 2012 dan sejumlah deretan jabatan strategis lainnya.Perwira polisi yang terkenal akrab dan ramah kepada awak media ini mengawali karir sebagai Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya pada 12 September 2017.
Semasa tugas, polisi milenial ini banyak mengungkap kasus peredaran narkotika jaringan nasional dan internasional.Satu hari menjabat, Calvijn berhasil mengungkap kasus narkoba dan menangkap satu tersnagka terburon dengan barang bukti 253 ganjan dan melepas sopir yang tidak terbukti salah. Waktu yang sama, Calvijn juga berhasil mengungkap jaringan narkoba Indonesia-Malaysia dengan barang bukti 1,7 kilogram sabu yang diselundupkan dalam buku dan kotak sabun serta jaringan lapas dan tempat hiburan malam DKI Jakarta.Calvijn yang terkesan hangat ini pun ternyata keras memutus rantai peredaran narkoba jaringan internasional. Tak sedikit bandar narkoba yang dilakukan tindakan tegas terukur. Antara lain, tersangka peredaran 10 kg sabu sindikat Malaysia, Sindikat Kokain dan 3 kg PMMA narkotika jenis baru, serta jaringan Pontianak-Jakarta-Surabaya dengan BB 4kg sabu dengan modus simpan dalam sandal dan sepatu.Calvijn juga bersama Satgasus Mabes Polri pernah melakukan pemusnahan 10 Ha ladang ganja di Aceh Besar. Pernah juga membongkar jaringan narkoba Banjarmasin-Jakarta-Bandung dan Riau-Jakarta-Bandung dengan barang bukti 20 ribu butir sabu jenis baru ‘Yaba’ Thailand, 40 ribu butir ekstasi dan 15 kg sabu dalam kemasan makanan dan narkotika jenis baru MXE Diamond.Polisi milenial ini pun tak lupa memantau peredaran dan perdagangan narkotika di lini maya. Ia berhasil mengungkap sindikat penjual liquid vape ‘Ilussion’ mengandung narkotika. Dalam tempo 15 hari saja, Calvijn dan jajaran berhasil menangkap 28 tersangka dengan peran masing-masing.
Bahkan berhasil menemukan tiga Clandestine laboratorium narkoba berkualitas standard internasional. Dari pengungkapan ini juga Calvijn berhasil melacak 14 akun penjual online dengan para reseller dengan ribuan followers dengan 22 produk olahan narkoba yang tersebar di 52 kota di Indonesia.Calvijn juga tak luput memantau peredaran narkoba di kalangan public figure. Diantaranya artis FTV berinisial STJ, artis JD, RR, putri ratu dangdud D. Ada juga selebgram berinisial RM ditangkap terkait kepemilikan Kokain. Pengungkapan dan rehabilitasi kasus penyalahgunaan sabu oleh seorang Ketua DPRD. Komika MT, Dua pedangdut DM, pencipta lagu YS. Belakangan Calvijn juga menangkap Komedian NN dan suami yang menggemparkan dunia hiburan tanah air. Ada juga artis RR yang kembali ditangkap ketiga kalinya.Tak sampai di situ, Calvijn juga tetap menunjukkan profesionalitas kerjanya sebagai perwira Polisi. Meski seminggu lagi akan menjalankan tugas baru yang dipercayakan Kapolri sebagai Kapolres Trenggalek, polisi ganteng ini tetap eksis meburu dan membongkar peredaran narkoba.Beberapa hari jelang serah terima jabatan sebagai Kapolres Trenggalek, Calvijn dan tim berhasil menangkap delapan pengedar narkoba jaringan Malaysia-Batam-Jakarta. Dari penangkapan itu, polisi berhasil menyita 9.522 gram sabu dengan total 8 orang tersangka.”Iya, kita kan anggota polisi ini profesional. Kita tetap setia dengan tugas. Soal itu (TR) iya sudah, tapi saya masih punya tugas dan tanggung jawab untuk masyarakat indonesia di sini (Subdit I). Jadi saya tetap fokus dan menjalankan tugas. Ini kan tugas saya bro,” katanya di Mapolda Metro Jaya, Selasa (17/9/2019).***
Editor: PAR
Sumber:  goriau