JAKARTA, POJOK BATAM.ID – Putra sulung presiden Joko Widodo, Gibran RakabumingRaka resmi bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Gibran mendaftar sebagai kader melalui ranting Manahan, bagian dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Banjarsari, Surakarta.

Setelah memenuhi persyaratan dari pengurus ranting dan anak cabang, Gibran kemudian mendatangi Kantor DPC PDIP Kota Surakarta, di Jalan Hasanudin Nomor 26, Purwosari, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Senin (23/9).

“Tadi Gibran datang pukul 13.55 WIB, jam dua kurang lima menit untuk membuat Kartu Tanda Anggota (KTA). Sekarang sudah resmi bergabung,” kata Ketua PAC PDIP Banjarsari Joko Santoso saat dihubungi CNNIndonesia.com.
Joko mengatakan, data-data Gibran juga telah dikirimkan ke DPP PDIP. Namun, kata Joko, Gibran belum memegang KTA secara fisik karena ada kendala teknis.

“Tadi ada trouble, servernya rusak jadi KTA-nya belum jadi. Tapi sudah resmi masuk PDIP, sudah dapat nomor registrasi,” katanya.

Menurut Joko, pengurus PDIP tidak memberikan perlakuan khusus kepada Gibran. “Sama seperti orang umum juga kalau daftar sebagai kader,” katanya.

Nantinya, kata dia, Gibran juga akan mengikuti berbagai pendidikan politik bila nantinya menjadi pengurus PDIP.
Kader PDIP Surakarta, menurutnya, tak mempermasalahkan masuknya Gibran sebagai kader partai banteng itu.

Selain itu, Joko juga mengatakan Gibran hanya bergabung sebagai kader PDIP, dan bukan sebagai calon wali kota Surakarta.

“PDIP di Solo itu 62 persen, dan kami tidak membuka pendaftaran secara terbuka. Kami sudah mengusung Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa,” katanya.

Gibran sempat disebut akan mengikuti Pemilihan Wali Kota Surakarta 2020. Sejumlah survei menunjukkan nama Gibran masuk dalam bursa calon wali kota.

Gibran juga telah bertemu pengurus PDIP Solo dan Jawa Tengah, termasuk FX Hadi Rudyatmo.

Editor: PAR
Sumber: CNNIndonesia