JAKARTA, POJOK BATAM.ID – Di dunia pastry, cake dan pie merupakan dua jenis kue berbeda, meskipun sama enak. Apa saja kelebihan pie dibandingkan cake?

Pie adalah salah satu jenis pastry yang berupa adonan biskuit. Sementara cake dibuat dari adonan telur, gula, mentega dan tepung terigu dengan tekstur lembut dan rasa yang manis.

Menurut OnMilwaukee (28/8) pie memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki cake. Selain bahan dan cara membuatnya lebih muda, pie juga punya sejarah dan keunikan berikut ini.

1. Pie punya kisah menarik

7 Keunikan Pie Dibandingkan dengan CakeFoto: iStock

Pie punya kisah karena resep pembuatannya biasanya menggunakan resep turun temurun dari keluarga. Seperti resep apple pie. Apple pie atau biasa kenal dengan sebutan pai apel diciptakan pertama kali oleh Litton Cochran, pemilik restoran fast food McDonald’s pertama di Knoxville, Tennese, Amerika Serikat.

Saat itu Litton berinisiatif untuk membuat apple pie karena teringat apple pie buatan ibunya. Akhirnya resepnya tersebut dimasukkan ke dalam menu McDonald’s yang kini menjadi populer. Banyak orang yang datang ke restoran fast food tersebut hanya untuk membeli apple pie yang fenomenal. Sampai sekarang apple pie ini jadi ikon McDonald’s.

2. Pie tidak biasa dibuat dari adonan instan

7 Keunikan Pie Dibandingkan dengan CakeFoto: iStock

Aneka jenis cake baik butter type maupun sponge cake bisa dengan mudah dibuat dari adonan instan, siap pakai. Tinggal buka kotaknya, campur tepung dengan bahan sesuai disarankan.

Tetapi pie umumnya dibuat segar. Ini karena adonannya lebih mudah dibuat. Tanpa perlu proses pengembangan. Umumnya adonan pie atau kulit pie digiling tipis dengan gilingan kue. Jika tak ada, Anda tetap bisa membentuk adonan pie dengan tangan.

3. Pie tidak perlu dekorasi berlebihan

7 Keunikan Pie Dibandingkan dengan CakeFoto: iStock

Biasanya cake dibuat dengan tambahan topping dan aneka hiasan. Seperti whipped cream, macaron, buah-buahan dan cokelat gulung. Namun, berbeda dengan pie yang tampilannya jauh lebih sederhana.

Pie tidak membutuhkan tambahan dekorasi yang berlebihan untuk menarik perhatian. Meskipun begitu, pie tetap memiliki rasa yang manis gurih yang bikin ketagihan. Potongan sisa adonan kulit pie juga bisa dipakai sebagai hiasan.

4. Pie cocok dipadu dengan es krim

7 Keunikan Pie Dibandingkan dengan CakeFoto: iStock

Makan es krim dengan cake bisa jadi aneh, karena cake sendiri memiliki tekstur yang lembek. Jika ditambah topping berupa es krim makan akan berantakan.

Berbeda dengan pie yang bertekstur keras dan renyah, sehingga cocok jika diberikan topping es krim. Biasanya pie sering dipadukan dengan es krim vanilla atau custard beku. Paduan antara pie dan es krim merupakan kombinasi yang pas.

5. Pie memiliki kerak

7 Keunikan Pie Dibandingkan dengan CakeFoto: iStock

Pie biasanya memiliki bagian kerak atau adonan yang mengering di keliling pie. Bagian itulah yang menjadi favorit orang karena rasanya renyah manis seperti biskuit. Sementara cake tidak punya pinggiran yang keras. Kalaupun ada biasanya lembek dan ditutup dengan krim.

6. Pie lebih romantis

7 Keunikan Pie Dibandingkan dengan CakeFoto: iStock

Pie dikaitkan dengan budaya restoran yang mewah. Pie dengan paduan secangkir kopi menjadi sajian romantis apalagi dipesan oleh sepasang kekasih yang makan di sebuah restoran. Pie dan secangkir kopi bisa jadi penutup yang ideal atau sebagai pencuci mulut yang paling keren.

7. Pie bisa dibuat dengan rasa gurih

7 Keunikan Pie Dibandingkan dengan CakeFoto: iStock

Selain es krim dan custard, pie juga bisa dipadukan dengan daging, wortel atau keju. Tambahan sayur pada sajian pie dijamin bisa membuat pie semakin terasa lezat dan gurih.

Tetapi paduan sayuran pada cake kurang lazim, kecuali wortel. Sifat sayuran yang basah dan keras kurang cocok diaduk dengan adonan cake yang ringan.

(raf/odi)

Editor: PAR
Sumber: detikFood