Realme baru saja meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia, yaitu Realme 5 dan 5 Pro. Peluncuran ini turut menandai detik-detik berakhirnya smartphone Realme generasi sebelumnya.
 
Ya, Realme mengonfirmasi bahwa perusahaan telah menyetop produksi Realme 3, Realme 3 Pro, dan Realme X. Bukan karena rendahnya penjualan, melainkan karena perusahaan memang telah membuat rencana discontinue untuk setiap produknya.
“Kita sudah plan bahwa end of life produk sebelumnya sudah ada. Tergantung dengan usia produk tapi (Realme 3, Realme 3 Pro dan Realme X) sudah stop,” jelas Marketing Director Realme Asia Tenggara, Josef Wang, saat dijumpai di sela peluncuran Realme 5 di Jakarta, Kamis (19/9).
Josef Wang, Marketing Director of Realme SEA (kanan) dan Felix Christian, Product Marketing Realme Indonesia. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Meskipun telah melakukan discontinue, namun Product Manager Realme Indonesia, Felix Christian, mengatakan ketiga produk itu masih bisa ditemukan di toko resmi Realme dan partner distribusi perusahaan.
“Realme 3 Pro dan Realme X masih ada di pasar, tapi kita memang hitung dari awal sampai akhir kapan habisnya dan kapan kita bisa drop price, jadi enggak ada masalah,” tambah Felix.
 
“Realme X sangat laku keras, beberapa waktu lalu di toko masih ada tapi tertentu karena segmen harganya agak beda dari seri kita yang lain,” tambahnya.
Kehadiran Realme di pasar Indonesia sendiri diklaim cukup berhasil. Tidak heran, dalam waktu singkat Realme berhasil masuk top 5 brand smartphone terlaris di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 6,1 persen.
Sebagai pemain yang baru muncul dalam satu tahun terkahir, Realme dinilai menerapkan strategi portfolio produk yang agresif. Selain spesifikasi dan desain fisiknya yang kompetitif, Realme menerapkan inisiatif pengendalian harga yang ketat dan menjadi pembeda dengan kompetitor lain, menurut lembaga riset IDC.
Editor: PAR
Sumber:  kumparan