Jakarta – Dada ayam padat akan gizi karena lapisan daging ayam yang tebal mengandung cukup banyak protein. Walau begitu, tak sedikit orang yang enggan makan dada ayam karena rasanya yang cenderung hambar. Padahal, bila dimasak dengan tepat, dada ayam bisa menghasilkan rasa gurih daging melalui kaldu alaminya.

Untuk mendapatkan dada ayam yang nikmat, kuncinya terletak pada lama memasak. Dada ayam bakal kehilangan kesegarannya jika dimasak terlalu matang.

Lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak dada ayam sebenarnya bervariasi berdasarkan pada ketebalan daging dan cara memasak.

Cara paling akurat untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak dada ayam adalah dengan menggunakan bantuan termometer dan memasak ayam dengan suhu yang tepat.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) merekomendasikan memasak ayam dengan suhu 160-165 derajat Fahrenheit atau 70-75 derajat Celcius.

Namun tak perlu khawatir jika Anda tak memiliki termometer untuk mengukur suhu. Berikut rekomendasi lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak dada ayam dalam berbagai cara, dikutip dari The Daily Meal.

1. Di panggangan
Kira-kira 6-8 menit setiap sisi bila ayam langsung berhadapan dengan wajan panas atau sekitar 10-12 menit di setiap sisi bila dada ayam tidak terpapar wajan panas secara langsung.

2. Dalam oven
Sekitar 20-30 menit dengan suhu sekitar 180-200 derajat Celcius.

3. Di atas kompor
Sekitar 2 menit per sisi saat menumis dengan api besar. Sekitar 4-6 menit per sisi saat menumis dengan api sedang atau kecil.

4. Saat menggoreng
Sekitar 8-12 menit dalam minyak panas 180-200 derajat Celcius.

(ptj/ayk)

Editor: PAR
Sumber:  CNN Indonesia