Anak pendek belum tentu stunting Foto: Shutterstock
POJOK BATAM.ID – Memastikan agar anak dapat terhindar dari stunting, bukan cuma tugas ibu tapi juga ayah. Terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan seorang anak yang sangat ditentukan oleh gizi yang diberikan orang tuanya.
Stunting merupakan pertumbuhan seorang anak yang tidak sesuai standar, bisa akibat gangguan atau kekurangan gizi. Peran ayah tidak hanya hadir secara fisik namun juga psikologis, seperti: menjadi teladan yang baik, turut serta dalam pola pengasuhan anak hingga membangun hubungan harmonis dalam keluarga.
Seperti dilansir dari Sahabat Keluarga dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Anda dapat memberi tahu ayah untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan stunting dengan cara-cara berikut ini.
anak dan ayah Foto: Shutterstock
1. Ayah bisa menjadi figur yang mampu memberikan ketenangan, keamanan, kenyaman dan keharmonisan dalam keluarga.
2. Peduli dan turut mengambil peran dalam pola pengasuhan, pendidikan dan perlindungan terhadap ibu dan anak.
3. Bila istri sedang hamil, pastikan ia mendapat asupan protein yang cukup, asupan air minum cukup, serta makanan pokok lainnya.
4. Mengajak dan jika memungkinkan turut menemani ibu hamil untuk memeriksakan kandungan minimal 4 kali.
5. Setia mendampingi ibu hamil dengan penuh kasih sayang. Diharapkan cara ini mampu membuat ibu bebas dari tekanan, alhasil melahirkan generasi yang sehat dan cerdas.
6. Bukan cuma ibu hamil, tapi juga memastikan anak berusia remaja ke bawah mendapat makanan sehat dan bergizi pula setiap harinya.
7. Memastikan ketersediaan air bersih bagi seluruh anggota keluarga di rumah.
8. Memastikan dan menjaga kondisi sanitasi rumah memadai.
9. Memberikan pengasuhan positif pada anak.
10. Menjadi teladan dalam penerapan hidup bersih dan sehat, seperti: rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, membebaskan rumah dari asap rokok, menjaga kebersihan rumah dan lain sebagainnya.
11. Ayah memastikan setiap anggota keluarga mendapat akses layanan kesehatan yang memadai.
12. Jika memiliki buah hati usia balita, pastikan setiap bulan menimbang berat badannya agar dapat terpantau status gizinya.
Ilustrasi anak stunting. Foto: Shutterstock
Dampak stunting tidak main-main karena bisa menimbulkan generasi yang hilang, yaitu generasi yang tidak mampu bersaing, tingkat produktivitas rendah, hingga menurunkan kualitas sumber daya bangsa.
Nah agar suami bisa mengetahui perannya ini, yuk bagikan artikel berikut padanya.
Editor: PAR
Sumber: Kumparan