Eksterior Honda CR-V 2020 Foto: dok. Motor1
POJOK BATAM.ID – Honda akhirnya resmi memperkenalkan CR-V model 2020. Pada versi penyegaran ini, CR-V tidak hanya mendapatkan ubahan eksterior dan interior saja, namun juga pada powertrain-nya.
Melansir dari Motor1, Honda CR-V memiliki 2 pilihan powertrain, yaitu mesin bensin konvensional dan hybrid. Untuk mesin bensinnya hadir dengan spesifikasi 4-silinder berkapasitas 1.5 liter turbocharger.
Di atas kertas, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 190 dk. Tenaga tersebut akan disalurkan ke empat rodanya melalui sistem transmisi otomatik CVT.
Eksterior Honda CR-V 2020 Foto: dok. Motor1
Sementara untuk powertrain hybrid, menggabungkan 2 motor listrik dengan mesin bensin 4-silinder berkapasitas 2.0 liter. Kombinasi tersebut, dapat menghasilkan tenaga total hingga 212 dk.
Dijelaskan, baterai untuk CR-V Hybrid diletakkan pada lantai bagasi untuk memberikan ruang kabin yang lapang.
Meskipun belum ada info resmi terkait konsumsi bahan bakarnya, kabarnya CR-V hybrid dapat menghemat hingga 42 mil per galon (mpg). Angka ini sedikit lebih hemat jika dibandingkan dengan Toyota RaV4 hybrid yang menghabiskan 41 mpg.
Menyoal desain tampilannya, jelas ada yang berubah, baik dari sisi eksterior atau interior. Untuk sisi eksteriornya, CR-V kini banyak memadukan aksen krom dengan panel plastik berwarna hitam. Desain seperti ini diterapkan oleh Honda pada seluruh varian CR-V.
Eksterior Honda CR-V 2020 Foto: dok. Motor1
Perubahan lainnya yang signifikan terjadi pada bagian bemper depan. Kini, CR-V memiliki bemper depan dengan desain baru yang dilengkapi dengan lampu kabut berbentuk strip.
Khusus untuk varian hybrid, juga akan ditambahkan dengan badge Hybrid dan emblem Honda berwarna biru di bagian grille.
Badge Hybrid Honda CR-V 2020 Foto: dok. Motor1
Masuk ke bagian dalamnya, CR-V kini memiliki desain dasbor yang lebih menarik dan elegan. Tidak ada lagi tongkat persneling di konsol tengahnya dan digantikan dengan model tombol tekan.
Konsol tengah Honda CR-V 2020 Foto: dok. Motor1
Khusus untuk varian hybrid, juga akan dilengkapi dengan tombol mode berkendara, yaitu ECO, Sport dan EV. Tersedia juga pengisian daya secara wireless untuk smartphone.
Belum cukup sampai disitu, CR-V varian hybrid juga mendapatkan instrumen digital baru yang menyajikan informasi terkait sistem hybrid-nya. Baik itu soal daya yang tersisa, distribusi daya dan regenerasi tenaga yang terjadi.
Terdapat juga paddle shifter yang akan berfungsi layaknya saklar on dan off untuk deselerasi. Saat mengaktifkan tombol ini, maka jumlah pengereman regeneratif yang dihasilkan dari motor listrik saat melambat akan bertambah.
Desain konsol tengah dari CR-V model 2020 ini pun jauh lebih menarik dan ergonomis. Pengemudi dapat dengan mudah menjangkau beberapa tombol atau pengaturan penting yang terletak di konsol tengah.
Interior Honda CR-V 2020 Foto: dok. Motor1
Sementara untuk sistem infotainmentnya, CR-V akan dibekali dengan head unit layar sentuh berukuran 7 inci. Di dalamnya akan dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Terdapat juga sistem navigasi.
Tidak lupa Honda menyematkan pengaturan AC climate control dual zone, port pengisian USB di baris belakang, kursi pemanas pada penumpang depan, dan remote engine start.
Interior Honda CR-V 2020 Foto: dok. Motor1
Honda CR-V ini akan diproduksi oleh pabrik Honda di Amerika Serikat. Pemilihan Amerika Serikat sebagai basis produksi Honda CR-V sangatlah wajar, mengingat mobil ini memiliki tren penjualan yang positif di sana.
Meski telah diperkenalkan, sayangnya pihak Honda masih tutup mulut terkait harga dari big SUV satu ini. Untuk pasar Indonesia sendiri, Honda Prospect Motor nampaknya juga masih enggan menjawab kemungkinan hadirnya CR-V facelift ini.
Editor: PAR
Sumber: Kumparan