Shandy Aulia. Foto: Ronny
POJOK BATAM.ID –   Shandy Aulia kembali mencuri perhatian. Sosoknya yang menjadi pengisi acara ‘Q&A: Polusi Ruang Publik’ di Metro TV beberapa waktu lalu langsung menarik perhatian publik.
Dalam kesempatan itu, Shandy sempat ditanya oleh para panelis soal komentar-komentar negatif netizen terkait foto maternity-nya yang diunggah ke akun Instagram dan dinilai terlalu seksi.
Jhon De Rantau, sutradara yang juga menjadi panelis dalam acara tersebut ikut berkomentar terkait foto seksinya Shandy.
Saat itu Jhon mengatakan bahwa sebagai public figure harusnya banyak hal yang harus dijaga Shandy.
“Sebenarnya tidak ada yang salah dari dirimu sebagai seorang public figure. Cuma kalau kita menyadari kita public figure, banyak hal yang harus dijaga,” ungkap Jhon.
Sutradara film ‘Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi’ ini pun sempat menilai ada hal-hal yang diposting Shandy secara tidak sadar.
“Apa yang menurut orang di luar biasa, tapi di dalam negara ini lingkungan akan menghakimi kamu dengan nilai dan moral. Itu yang kadang-kadang kamu tidak sadar,” lanjutnya.
Pemain film “Kutuk” Shandy Aulia saat berkunjung ke kantor kumparan, Rabu (17/7). Foto: Faisal Rahman/kumparan
Hal itu pula yang membuat Jhon menilai bahwa foto-foto seksi Shandy yang pada akhirnya mengundang netizen untuk membully dirinya.
“Saya pernah lihat kamu dengan pakaian yang sangat tipis yang memperlihatkan seluruh bentuk, lekuk dan aurat kamu. Maaf, seluruh laki-laki Nusantara kayaknya menginginkan kamu. Itu yang tidak kamu sadari. Kemudian bully-an datang dan ada kata-kata yang tidak senonoh, kamu tidak bisa salahkan karena kamu yang mengundang itu karena kamu seorang public figure,” bebernya.
Mendengar hal tersebut Shandy Aulia terlihat cukup tenang dan tetap tersenyum. Namun, kemudian ia memberikan jawaban yang cukup menohok untuk Jhon yang mengomentari foto seksinya.
“Menurut saya cara berpakaian seseorang itu tergantung pandangan masing-masing. Ya memang culture kita Asia, saya understand, budaya kita ketimuran. Terkadang apa pola pikir yang tidak menurut kita ideal pasti akan crash. Jadi saya enggak bisa paksakan orang untuk menjaga pikirannya,” ujar Shandy.
“Tapi buat saya, seorang perempuan mau berpakaian tertutup atau terbuka, itu tergantung mulai dari pikiran sih. Kita mau tertutup gimanapun kalau it’s dirty mind ya udah dirty saja,” lanjutnya sambil tetap tersenyum.
Jhon kemudian masih membandingkan gaya Demi Moore yang juga berfoto seksi saat hamil dengan gaya Shandy. Menurutnya bila itu dilakukan di Amerika adalah hal yang biasa, tapi tidak untuk di Indonesia.
Lagi-lagi Shandy Aulia menanggapi pendapat Jhon dengan tenang. Menurutnya semua kembali ke mindset masing-masing orang.
“Kalau tata krama hanya diukur dengan apa yang kita pakai, maka di Eropa, Amerika di negara-negara lain, wanita berbikini it’s a normal, ke pantai ya berbikini. Tapi kalau kita, ke pantai pakai bikini saja itu sudah bisa jadi problem. Jadi pake apa dong, kebaya? Kan enggak mungkin,” kata Shandy.

Jadi berpakaian itu bukan hanya sekedar budaya, tapi personal. Sekarang, gimana cara kita untuk ubah mindset kita untuk kita bisa saling respect each other. As long kita tidak memposting sesuatu yang pornografi, seks,” tambah Shandy Aulia.

Pendapat Jhon De Rantau terkait foto seksi Shandy Aulia pun langsung menuai beragam komentar netizen. Bahkan hal ini sempat menjadi trending di Twitter.
Banyak dari netizen menilai apa yang diucapkan oleh Jhon De Rantau terkesan memojokkan seorang perempuan.
Komentar pedas juga datang dari salah satu selebriti, Andhika Pratama. Suami Ussy Sulistiwaty ini tak menyangka Jhon bisa berpendapat seperti itu soal perempuan.
Tak sedikit pula yang memuji Shandy Aulia karena tidak terpancing dengan kalimat-kalimat Jhon. Bahkan, ia bisa memberikan jawaban yang menohok, tentunya sambil tetap tersenyum elegan.
Editor: PAR
Sumber: Kumparan