Selain kopi, teh menjadi salah satu jenis minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Ia kerap dinikmati di berbagai situasi, baik itu sebagai pendamping makan atau minuman herbal.
 
Banyak sekali manfaat dari minuman ini, salah satunya bisa menenangkan dan juga membuat tidur lebih nyenyak. Namun, baru-baru ini ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa, mengonsumsi teh secara rutin atau teratur bisa meningkatkan fungsi otak seseorang.
Penelitian itu dilakukan oleh Feng Lei, asisten profesor dari National University of Singapore. Seperti dikutip dari Times of India, Feng Lei menyebut bahwa orang yang mengonsumsi teh secara teratur (peminum reguler) memiliki wawasan otak yang lebih terorganisir. Menurutnya, kondisi ini dikaitkan dengan fungsi kognitif yang sehat dibanding mereka yang tidak minum teh sama sekali.
“Hasil penelitian kami membuktikan bahwa mengonsumsi teh bisa berkontribusi positif dalam struktur otak, dan ini mengindikasikan bahwa minum teh secara teratur memiliki efek perlindungan terhadap penurunan fungsi otak terkait usia,” kata Feng Lei dalam kajiannya.
Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Aging itu melibatkan 36 orang dewasa berusia 60 tahun ke atas. Para responden harus menjalani uji neuropsikologis, dan magnetic resonance imaging (MRI) selama tiga tahun (2015-2018).
“Kami telah membuktikan dalam kajian kami sebelumnya bahwa peminum teh (reguler) punya fungsi kognitif yang lebih baik dibandingkan mereka yang bukan peminum teh. Sedangkan, hasil riset kami sekarang terkait jaringan otak yang secara tidak langsung mendukung penemuan kami sebelumnya dengan memperlihatkan efek positif minum teh secara teratur,” tambah Lei.
Untuk diketahui sebelum melakukan penelitian tersebut, Feng Lei berhasil membuktikan bahwa asupan teh bermanfaat bagi kesehatan. Seperti memperbaiki mood, dan mencegah penyakit kardiovaskular.
Editor: PAR
Sumber:  kumparan