Penyerang Norwich City, Teemu Pukki, mencetak gol ke gawang Manchester City. Foto: Reuters/John Sibley
JAKARTA, POJOK BATAM.ID – Norwich City memberikan kejutan di pekan kelima Premier League 2019/20. Betapa tidak, tim sekaliber Manchester City, mereka taklukkan 3-2 ketika berlaga di Carrow Road, Sabtu (14/9) malam WIB.
Gol-gol kemenangan The Canaries dicatatkan atas nama Kenny McLean (18′), Todd Cantwell (28′) serta Teemu Pukki (50′). Sementara City, memperkecil ketertinggalan melalui Sergio Aguero (45′) dan Rodrigo (88′)
Atas tambahan tiga poin ini, Norwich naik ke urutan ke-12 dengan enam poin. City? Mereka tak ke mana-mana karena masih nangkring di tangga kedua via koleksi 10 poin.
City berangkat ke rumah Norwich dengan lini belakang yang keropos. Teraktual, Aymeric Laporte, menepi pekan lalu karena cedera ACL. Sebagai gantinya, Pep Guardiola mengutus Nicolas Otamendi untuk berduet dengan John Stones.
Sisanya, nama-nama macam Sergio Aguero, David Silva, Bernardo Silva serta Raheem Sterling masih menjadi andalan City di barisan tengah hingga depan.
Dengan mengedepankan umpan-umpan pendek, City lebih dahulu mengancam gawang Tim Krul saat laga menginjak menit ke-12. Kans ini lahir via Sterling yang bekerja sama dengan Aguero.
Respons cepat diberikan Norwich empat menit berselang. Bukan hanya ancaman, tetapi mereka justru sukses membuka angka via sundulan McLean usai memanfaatkan sepak pojok Emiliano Buendia.
Meski tertinggal, City tetap dengan skema semula. Membongkar pertahanan dengan mengedepankan umpan pendek dan tepi sayap. Sterling dan Aguero mendapatkan dua kans meski masih melebar dari jala Krul.
Tetapi, Norwich cukup piawai membendung taktik City. Lewat serangan balik, mereka sukses menggandakan kedudukan via sepakan Cantwell usai menerima umpan menyilang Pukki pada menit ke-30.
Defisit dua gol cukup membikin City ketar ketir. Dalam 10 menit selepas gol, tiga kans mereka ciptakan untuk memperkecil gap. Upaya itu dilakukan oleh Aguero, Silva serta sundulan Sterling yang mengenai tiang.
Dan pada akhirnya, jelang babak pertama rampung, Aguero sukses mencetak angka bagi City usai menerima umpan silang dari Bernardo Silva. Skor 2-1 menutup babak pertama.
Para pemain Norwich merayakan gol ke gawang Manchester City. Foto: REUTERS/Chris Radburn
Memasuki babak kedua, Norwich lebih dulu memberikan tekanan ke pertahanan City. Dua kans sukses diciptakan Pukki dan berujung gol dari salah satunya.
Adapun gol ketiga Norwich di laga kali ini bermula dari kesalahan Otamendi yang gagal memberikan back pass kepada Ederson Moraes. Dengan sigap, Buendia menyodorkan umpan kepada Pukki yang sudah menanti.
Para pemain Norwich City merayakan gol Teemu Pukki ke gawang Manchester City. Foto: Reuters/John Sibley
Merespons gol Norwich, Pep menunjukkan gestur tak percaya dengan mengeleng-gelengkan kepalanya. Dua pergantian segera dilakukannya dengan menarik Ilkay Gundogan serta David Silva dan memasukkan Gabriel Jesus dan Kevin De Bruyne.
Hasilnya, cukup membikin lini belakang Norwich ketar ketik. Sebab, mereka dipaksa bertahan total karena alur serangan kian masif dilakukan Aguero, Bernardo, hingga Otamendi. Tetapi, semua berujung nihil karena Krul cukup tampil gemilang.
Upaya City akhirnya menuai hasil. Dua menit jelang waktu babak kedua rampung, Rodrigo sukses mencetak gol kedua City di laga kali ini usai mengonversi umpan Sterling.
Gol Rodrigo menjadi yang terakhir pada pertandingan kali ini. Skor 3-2 jadi hasil akhir yang menyenangkan bagi Norwich setelah dua laga sebelumnya menelan kekalahan.
Editor: HEY
Sumber: Kumparan