Jaga Kelestarian Lingkungan, 266 Ribu Benih Ikan Ditabur di Danau TobaFoto: Warga dan sejumlah pejabat tebar benih ikan di Danau Toba (Budi-detikcom)

POJOK BATAM.ID Toba Samosir Р266 ribu benih ikan dari beberapa jenis ditabur di Danau Toba. Itu dilakukan agar ketersediaan ikan di Danau Vulkanik terbesar di dunia itu tetap terjaga.

Termasuk juga jenis Ihan Batak (Ikan Batak) atau Neolissochilus sumatranus yang sangat erat hubungannya dengan adat Batak. Di mana ikan tersebut sudah mulai sulit didapati di Danau Toba.

“Ikan ini sangat familiar dalam adat Batak. Setiap acara adat dari sejak kelahiran sampai kematian selalu ada,” ungkap Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian, di Pantai Pasir Putih Parparean, Danau Toba, Minggu (15/9/2019).

Selain menjaga ketersediaan, tujuan lainnya untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum daratan. Sebagai ekosistem yang seimbang, juga untuk mengoptimalkan potensi dan menambah stok ikan untuk konsumsi. Selain itu juga ikan-ikan di Danau Toba tidak punah.

Bibit ikan yang di tabur ke Danau Toba sebanyak 266 ribu yang terdiri dari 250 ribu ekor ikan nilem dari Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik RI (KKP RI)

Editor: HEY
Sumber: detikNews