Pojok Batam

Kisah Inspiratif Si ‘Forrest Gump’ yang Kumpulkan Rp 5 T dari Akting

Tom Hanks dalam Forrest Gump/Foto: Forrest Gump (imdb.)Tom Hanks dalam Forrest Gump/Foto: Forrest Gump (imdb.)

 

 

JAKARTA, POJOK BATAM.ID – Thomas Jeffrey Hanks adalah pembuat film dan aktor Amerika Serikat (AS) yang terbilang sangat sukses menjalani karirnya. Kesuksesannya itu membuat dirinya juga menjadi miliarder.

Pria yang kerap dipanggil Tom Hanks ini memang memiliki sederet pengalaman di bidang perfilman. Salah satu film yang dilakoni adalah Forrest Gump. Film yang dirilis pada 1994 itu menjadi film terlaris saat itu dan menyabet sederet penghargaan.

Selain itu, Hanks juga pernah berakting dalam film-film sukses lainnya seperti Big (1988), Apollo 13 (1995), The Green Mile (1999), Cast Away (2000) dan Catch Me If You Can (2002).

Dari sederet film yang pernah dia lakoni, membuat Hanks menjadi orang kaya. Melansir Wealthy Gorilla, pada 2019, kekayaan bersih Tom Hanks sekitar US$ 350 juta atau setara Rp 4,9 triliun (kurs Rp 14.000).

Hanks lahir di Concord, California pada 9 Juli 1956. Ibunya adalah keturunan Portugis dan ayahnya keturunan Inggris. Orang tuanya bercerai pada 1960 dan Tom memutuskan untuk tinggal bersama ayahnya.

Di masa kecilnya, Hanks sering pindah rumah. Bahkan pada usia 10, ia telah tinggal di 10 rumah yang berbeda. Hanks belajar seni peran di teater di Chabot College di California.

Tom Hanks memulai karirnya sebagai aktor pada 1978 ketika ia membintangi ‘The Two Gentlemen of Verona’. Di film itu dia menyabet predikat Aktor Terbaik. Pada tahun 1978, ia berakting dalam berbagai produksi drama Shakespeare.

Dia juga pernah bekerja untuk sebuah perusahaan teater. Debut film pertamanya pada tahun 1980 ketika dia membintangi ‘He Knows You’re Alone’.

Tahun berikutnya, Hanks mendapat kesempatan untuk tampil di sitkom televisi ‘Bosom Buddies’ yang membuatnya mendapatkan pujian kritis. Penampilannya sebagai bocah 13 tahun yang terperangkap dalam tubuh seorang lelaki berusia 35 tahun di ‘Big’ Penny Marshall (1988) dipuji dan ia segera mulai tampil dalam hit-blockbuster hits.

Penampilannya pada film itu membawa Oscar dan MTV Movie Award ke pelukan 1 daru 100 selebriti dengan pendapatan terbanyak pada 2012 itu. Pada tahun 1994, Hanks memainkan peran utama sebagai Forrest Gump dan dia memperoleh penghargaan Academy Award.

Pada tahun 1988, ia bekerja sama dengan sutradara Steven Spielberg untuk pertama kalinya. Dia mendapatkan peran yang menantang dalam ‘Saving Private Ryan’ yang membuatnya mendapatkan nominasi keempat untuk Academy Award sebagai Aktor Terbaik. Hanks juga menarik perhatian ketika dia berperan dalam ‘Bad of Brothers, sebuah mini-seri HBO dan ‘A Tribute to Heroes’.

Beberapa tahun kemudian, ia memainkan peran Robert Langdon yang terkenal dalam sekuel ‘The Da Vinci Code’ film kedua ‘Angels and Demons’. Dia adalah produser eksekutif dari film 2012 ‘Game Change’ yang berkisah tentang kampanye presiden 2008.

Pada 2019, kekayaan bersih Tom Hanks mencapai US$ 350 juta. Semua hartanya itu dia dapat dari pekerjaannya sebagai aktor profesional etik.

(das/eds)

Editor: HEY
Sumber: ddetikFinance
Exit mobile version