Pada masa tumbuh-kembangnya, anak butuh asupan makanan dan minuman bergizi seimbang. Di antaranya pangan yang memiliki kandungan vitamin, mineral, protein, kalsium, serat, hingga nutrisi.
 
Tapi tidak hanya itu saja, anak juga butuh probiotik. Probiotik sendiri adalah mikoorganisme yang punya segudang manfaat baik untuk tumbuh kembang anak.
Antara lain, probiotik bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaanya, Moms. Lactobacillus reuteri adalah jenis probiotik yang sudah teruji secara klinis, mampu membantu mencegah diare dan konstipasi pada anak.
Probiotik juga menghasilkan vitamin B12 yang dapat membantu optimalkan perkembangan otak anak. Kemudian probiotik juga merangsang sistem daya tahan tubuh, hingga membantu penyerapan gizi anak.
Pada probiotik juga menghasilkan asam lemak. Ternyata makin banyak asam lemak yang dihasilkan, maka makin baik juga untuk suasana hati, dan perkembangan kognitif si kecil.
“Kalau asam lemaknya banyak, maka kolonisasi yang bergerak makin baik, kemudian memberi pesan yang dihubungkan ke otak jadi satu arah dan lebih positif,” ungkap Dr. dr. Ray Basrowi, MKK, Vice President – Head of Medical and Nutrition Service, Nestle Indonesia, saat ditemui kumparanMOM dalam acara diskusi bersama Nestle Lactogrow di Eastern Opulence, Jakarta, Sabtu (7/9).
 
Tidak hanya itu saja, banyak penelitian menyebut probiotik dapat membantu mengurangi alergi pada anak, khususnya dermatitis atopik atau peradangan kulit.
“Karena rata-rata alergi di kulit itu, muculnya bisa jadi dalam bentuk alergi makanan karena sistem pencernaan si kecil masih besar pori-porinya. Nah. probiotik itu bisa membantu agar dinding usus menghasilkan asam lemak rantai pendek. Sehingga alerginya tidak gampang masuk dan dapat dicegah. Lalu kalau sudah kena alergi, probiotik dapat membantu agar tidak makin parah,” jelas Dr Ray.
Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa ada banyak penelitian klinis yang menyatakan kalau probiotik juga dapat mengatasi intoleransi makanan. Lalu dari mana Anda bisa mendapatkan probiotik?
Jika si kecil masih menyusu, ASI menjadi jawabannya, Moms. Namun jika anak sudah berumur di atas satu tahun, maka susu pertumbuhan dan tempe, bisa jadi pilihan terbaik untuk diberikan pada buah hati.
Editor: PAR
Sumber:  kumparan