Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan akan menggelontorkan anggaran Rp7,1 triliun untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur lima destinasi prioritas pemerintah. Lima destinasi tersebut adalah, Danau Toba, Lombok, Labuan Bajo, Manado-Bitung-Likupang dan Borobudur pada 2020 mendatang.

Anggaran tersebut meningkat empat kali lipat lebih jika dibandingkan anggaran tahun ini yang hanya Rp1,7 triliun. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan peningkatan dilakukan demi mempercepat pembangunan di lima destinasi. Percepatan tersebut merupakan perintah Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas 15 Juli lalu.

“Sektor pariwisata adalah sektor unggulan yang harus didukung oleh ketersediaan infrastruktur,” kata Basuki seperti dikutip dari website Kementerian PUPR, Rabu (11/9).

Basuki mengatakan untuk Danau Toba, anggaran digunakan untuk lima kegiatan. Pertama, membangun Jembatan Tano Pangol. Total anggaran pembangunan jembatan sepanjang 1,2 kilometer yang terletak di Kabupaten Samosir tersebut mencapai 297 miliar.

Kedua, untuk preservasi dan pelebaran Jalan Lingkar Samosir. Total anggaran untuk kegiatan tersebut mencapai Rp526 miliar.

Ketiga, pelebaran Alur Tano Ponggol dari 25 meter menjadi 80 meter dengan panjang 120 meter dengan anggaran Rp 325 miliar. Keempat, menata Kawasan Parapat yakni Pembangunan Gerbang Kawasan Rp 148,2 Miliar. Kelima, penataan Ruang Publik Parapat dengan anggaran Rp 50 Miliar.

Untuk Borobudur, anggaran akan digunakan untuk penataan kawasan permukiman dengan membangun Gerbang Palbapang dan Penataan Koridor Jalan Mayor Kusen dengan anggaran sebesar 150 triliun, pembangunan Gerbang Klangon dan penataan jalan Klaben, Gerbang Wisata Borobudur serta Penataan parkir, Drop Off dan Koridor pedagang Kaki Lima di kawasan Candi Mendut dengan anggaran sebesar Rp 70 miliar.

Untuk Lombok, anggaran akan untuk pembangunan Jalan Bandara Internasional Lombok (BIL) – Kuta Mandalika dengan panjang 17 KM lebar 25 meter dengan anggaran Rp 1,45 triliun, pembangunan Promendede dengan anggaran Rp 20 miliar, pengembangan Kawasan Gili sebesar 50 miliar, dan pengembangan Geopark Rinjani anggaran Rp 30 miliar.

Untuk KSPN Labuan Bajo, anggaran akan digunakan untuk meningkatkan jalan dan trotoar ruas jalan Soekarno Hatta Atas, peningkatan jalan dan trotoar ruas jalan Soekarno Hatta Bawah, penataan kawasan Puncak Waringin, Batu Cermin, Kampung Baru, Bukit Pramuka, serta Kawasan Rinca.

Kemudian untuk KSPN Manado – Bitung – Likupang akan diselesaikan pembangunan Bendungan Kuwilkawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, peningkatan Jalan Akses Likupang, pembangunan Jembatan Bitung – Pulau Lembeh, Jalan Tol Manado – Bitung, penataan Kawasan Bunaken, penataan Kawasan Pantai Malalayang, dan Kawasan Wisata Pantai PAAL – Likupang.

(agt)

Editor: PAR
Sumber: CNN Indonesia