Pertarungan segmen terlaris di Indonesia Low MPV di Kalimantan Selatan, ternyata dikuasai Mitsubishi Xpander dengan pangsa pasar di 32 persen. Rata-rata penjualan per bulan di angka 79-80 unit.
Artinya Toyota Avanza yang secara nasional masih di posisi puncak, tapi di wilayah Kalsel harus rela berada di posisi runner up. Total pasar LMPV Sendiri mencapai 1.500-1.600-an unit.
“Kompetisi di Kalimantan Selatan ini sangat ketat. Hampir semua pabrikan memiliki diler di sini bahkan sampai Renault ada di sini,” ucap Business Manager Barito Berlian Motor –diler Mitsubishi— Rudy Lim, Rabu (11/9).
Rudy melanjutkan, angka 32 persen pangsa pasar Xpander sendiri diambil dari total pasar LMPV, 1.3L dan 1.5L. Sementara bila datanya dipisah, Xpander tentu dominasinya lebih besar lagi –khususnya di 1.5L.
“Meski begitu di wilayah Kalsel ini paling besar di segmen LCGC dengan total pasar sampai 1.900-an unit, ini di kelas first entry paling banyak. Sementara kedua baru Low MPV,” kata Rudy.Bahkan, dengan terus tumbuhnya populasi Mitsubishi Xpander di Kalsel, Rudy menyebut pihaknya bakal investasi buat pembangunan fasilitas baru Body and Paint, untuk mengakomodasi perbaikan tampilan Xpander.

Posisi kedua

Sementara bila melihat dari total pasar sendiri, tiga berlian masih di posisi kedua dengan perolehan 1.800-an unit di Januari-Juli 2019.
“Kalau all brand peringkat kedua setelah Toyota. Kami selisih dengan Toyota cukup lumayan, di mana mereka sekitar 2.100-an unit. Sementara total market Kalsel 8.000-an unit,” tutur Rudy.
Editor: PAR
Sumber: kumparan