POJOK BATAM.ID – Badan Penelitian Antariksa India (ISRO) pada Sabtu (7/9) menyatakan mereka telah kehilangan kontak dengan pesawat luar angkasanya yang akan mendarat di kutub selatan Bulan.
“Data sedang di analisis,” sebut Pemimpin ISRO K. Sivan, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (7/9).
Menurut seorang peneliti ISRO lain, awalnya pendaratan di kutub selatan Bulan berjalan mulus. Namun, tiba-tiba mereka kehilangan kontak dengan Lander yang tengah mencoba menapak permukaan Bulan.
“Proses pendaratan Lander kami awalnya berjalan sesuai rencana dan performanya normal, kami mengamati mereka di ketinggian 2,1 kilometer. Kemudian komunikasi ke stasiun darat tiba-tiba hilang,” sebut peneliti ISRO tersebut seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (7/9).
Pendaratan di kutub selatan Bulan adalah bagian diri misi luar angkasa India, Chandrayaan-2. Misi tersebut bertujuan untuk menguak misteri di sisi selatan yang sama sekali belum pernah terjamah.
Para peneliti menduga di sebelah selatan Bulan terdapat air yang sudah membeku.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, India begitu ambisius dengan misi penjelajahan luar angkasa. Mereka menargetkan jadi negara ke-empat setelah, Amerika Serikat, Rusia, China yang berhasil mendarat di Bulan.
Editor: HEY
Sumber: kumparan