Internasional
2 min read
136

Nadal Juara US Open 2019

9 September 2019
0

Jakarta, POJOK BATAM.ID – Gelar grand slam US Open 2019 ini merupakan gelar grand slam ke-19 sepanjang karier Rafael Nadal. Dengan demikian, ia hanya berjarak satu gelar lagi dari pemegang rekor gelar grand slam, yaitu Roger Federer.

Khusus untuk US Open, keberhasilan tahun ini merupakan keberhasilan yang keempat bagi Nadal. Ia sebelumnya jadi juara US Open pada 2010, 2013, dan 2017.

Pada set pertama, Medvedev lebih dulu menghentak lewat break yang ia lakukan di gim ketiga yang membuat ia unggul 2-1. Namun Nadal sukses memberikan balasan di gim keempat. Nadal ganti mematahkan servis Medvedev dan menyamakan skor menjadi 2-2.

Setelah momen tersebut, masing-masing petenis berhasil memaksimalkan servis mereka dengan baik. Skor imbang terjadi hingga angka 5-5. Kegigihan Nadal untuk menaklukkan Medvedev akhirnya terbayar di dua gim terakhir.

 

 

 

 

Nadal sukses melakukan break dalam kondisi unggul 6-5 sehingga ia menutup set pertama denga kemenangan 7-5.

Medvedev masih memberikan perlawanan ketat untuk Nadal di set kedua. Titik balik di set ini ada pada gim keenam ketika Nadal berhasil membukukan break untuk unggul 4-2. Nadal lalu menjauh dengan keunggulan 5-2 sebelum akhirnya menutup set kedua dengan kemenangan 6-3.

Pada set ketiga, Nadal mampu melakukan break di gim kelima sehingga ia bisa memimpin 3-2 atas Medvedev. Dalam kondisi tertekan, Medvedev justru sukses melakukan break balasan terhadap servis Nadal. Ia juga lalu mengamankan gim selanjutnya sehingga berbalik memimpin 4-3.

Medvedev dan Nadal terus memaksimalkan servis mereka dengan baik. Medvedev mampu menjaga keunggulan dan memastikan kemenangan dengan skor 7-5.

Medvedev membuka keunggulan 1-0 pada set keempat. Nadal pun berupaya mengejar dan berhasil menyamakan kedudukan. Petenis peringkat lima dunia itu terus memimpin perolehan poin dengan selisih satu angka, namun Nadal selalu berhasil menyamakan skor.

Pada keunggulan 5-4, Medvedev tidak berhasil dikejar Nadal yang melakukan unforced error. Medvedev pun menang 6-4 dan memaksa memainkan set kelima.

Medvedev sempat unggul 2-1, namun empat gim setelah itu justru Nadal yang meraih poin secara beruntun dan membalikkan keadaan menjadi 5-2. Medvedev sempat meraih dua poin beruntun sebelum Nadal mengakhiri pertandingan dengan skor 6-4. (ptr/nva)