POJOK BATAM.ID – Saat ini sudah banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan bahan alami. Selain lebih aman, bahan-bahan alami juga dipercaya dapat mengatasi masalah kulit dengan lebih baik daripada bahan-bahan kimia.
Oleh karena itu, banyak brand kecantikan di dunia yang mulai mengenalkan produk kecantikan dengan kandungan bahan alami. Sebut saja The Body Shop yang sejak awal telah berkomitmen untuk selalu menciptakan produk kecantikan dengan bahan dasar alam, hingga brand Korea Nature Republic yang terkenal dengan produk aloe vera.
Saat ini ada beberapa bahan alami yang sedang tren digunakan dalam produk kecantikan. Apa saja? Berikut daftarnya
Himalayan Salt
Himalayan salt atau garam Himalaya ini banyak ditemukan di Punjab, Pakistan. Garam berwarna merah muda ini kaya akan kandungan mineral dan nutrisi, seperti zat besi, kalsium, magnesium, kalium, zinc, dan masih banyak lagi.
Dalam produk kecantikan, Himalayan salt biasanya digunakan untuk scrub karena butirannya dapat membantu proses eksfoliasi dan mengangkat sel-sel kulit mati. Kebanyakan, himalayan salt digunakan pada body scrub, lip scrub, face scrub, atau bath salt.
 
Blithe menggunakan himalayan salt sebagai salah satu bahan pembuat cleansing toner dan Goop memakainya sebagai scrub khusus untuk merawat kulit kepala.
Aloe Vera
Aloe Vera atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan lidah buaya ini banyak ditemukan di daerah-daerah beriklim tropis. Seperti yang sudah banyak kita ketahui, aloe vera banyak digunakan pada berbagai macam produk kecantikan. Mulai dari lotion, sabun cuci muka, hingga sampo.
Aloe vera mengandung sejumlah zat aktif, seperti vitamin B1, B2, B6, C, kolin, niasin amida, glikoprotein, enzim, senyawa fenolik, berbagai asam amino, fitokimia dan asam salisilat.
Kandungan-kandungan tersebut membuat aloe vera memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu proses penyembuhan untuk kulit terbakar dan luka. Selain itu, kandungan airnya yang tinggi juga dapat melembapkan dan menenangkan kulit sensitf.
 
Tak hanya baik sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikan kulit, aloe vera juga memiliki manfaat tinggi bagi rambut dan kulit kepala. Dilansir ELLE, menurut para ahli, aloe vera memiliki tingkat pH yang mirip dengan pH alami rambut Anda, kadar air tinggi dan dipenuhi dengan vitamin dan mineral. Pemilik salon dan trichologist Penny James, di New York, mengatakan lidah buaya mengandung 75 bahan aktif seperti asam amino esensial dan mineral yang telah terbukti secara klinis membantu rambut menjadi sehat dan subur.
Beberapa produk kecantikan yang memanfaatkan aloe vera adalah Nature Republic dalam bentuk hydrating gel dan Wardah untuk produk sampo.
Charcoal
Activated charcoal atau arang aktif merupakan bahan alami yang kini marak digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Bahan berwarna hitam keabu-abuan ini cocok digunakan untuk kulit berminyak. Kandungan karbon yang ada di dalamnya mampu menyerap minyak berlebih, yang akan mengurangi kilap pada wajah.
 
Tak hanya itu, charcoal juga merupakan bahan aktif yang berguna untuk menarik dan menyerap kotoran pada wajah. Kandungan karbonnya mampu mengikat debu, kotoran, bakteri, racun, dan zat kimia yang ada pada permukaan kulit. Charcoal juga dapat mengecilkan pori-pori apabila Anda menggunakannya secara rutin sebagai masker. Selain itu, material ini juga bisa mengangkat sel kulit mati dan mencegah keriput pada wajah.
The Body Shop memanfaatkan charcoal sebagai masker wajah yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit tampak lebih glowing.
Teh Hijau
Dulu, green tea alias teh hijau sangat populer di China sebagai obat untuk segala penyakit. Mulai dari mengatasi sakit kepala hingga depresi, masyarakat China kuno percaya semua itu bisa disembuhkan dengan menggunakan teh hijau.
Diketahui, teh hijau mengandung ragam antioksidan, asam amino, vitamin B, asam folat, magnesium dan potasium yang ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan kulit.
Antioksidan pada green tea bermanfaat dalam mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam di area mata. Zat antioksidan tersebut membantu menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata yang menjadi penyebab timbulnya mata bengkak. Sedangkan vitamin K pada green tea juga membantu meringankan lingkaran hitam di bawah mata.
Selain itu, teh hijau memiliki zat anti bakteri bernama catechins yang bisa menghalau timbulnya bakteri penyebab jerawat. Zat ini juga membantu menstabilkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh yang juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.
Pada 2012, penelitian yang dipublikasikan di Journal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang ada dalam green tea mampu mengatasi jerawat dengan cara menghambat bakteri p.acnes.
Tak hanya mengatasi jerawat, teh hijau juga dapat mengatasi tanda-tanda penuaan, melindungi kulit dari sinar UV, mengecilkan pori-pori, dan membuat wajah tampak lebih cerah.
Innisfree menggunakan formula teh hijau dalam produk krim mata untuk mengatasi kulit kering di area mata.
Chamomile
Di dunia, ada dua jenis bunga chamomile, yaitu chamomile asal Jerman dan Roma. Meski berasal dari negara yang berbeda, namun keduanya memiliki manfaat yang sama besar untuk kulit.
Chamomile mengandung berbagai bahan bioaktif utama yang terkenal memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat efektif menembus lapisan kulit yang paling dalam.
Bahan alami lainnya yang ada dalam bunga chamomile juga dipercaya dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, mencerahkan kulit, dan menyamarkan lingkar hitam di area mata.
Salah satu produk yang menggunakan bunga chamomile sebagai bahan dasar adalah facial toner dari Sensatia Botanical.
Jojoba Oil
Jojoba oil atau ekstrak minyak dari tanaman jojoba memang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan kulit. Hal ini disebabkan karena jenis minyak yang satu ini kaya akan vitamin dan mineral yang mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, tembaga, dan juga zink. Maka tak heran bila banyak produk perawatan kulit, tubuh, dan rambut yang menggunakan minyak ini sebagai salah satu kandungan ‘rahasia’ dalam pembuatan produk.
Minyak jojoba adalah bahan humektan yang berfungsi sebagai pelindung kulit agar tidak kehilangan kelembapan. Kandungan ceramides-nya juga mampu mengunci kelembapan wajah sehingga kulit pun terhindar dari kekeringan. Selain itu minyak jojoba pun mudah diserap kulit dan tidak meninggalkan rasa lengket.
Tak hanya baik untuk kulit, jojoba oil juga dapat membantu proses pertumbuhan rambut, serta menjaga kelembutan rambut.
Jojoba oil juga bisa menjaga kelembapan bibir saat kita memakai lipstik. Oleh karena itu, Urban Decay memanfaatkannya sebagai formula dalam lipstik seri Urban Decay Vice Lipstick with Jojoba Oil.
Shea Butter
Shea butter adalah krim yang berasal dari pohon shea yang biasa ditemukan di dataran Afrika bagian barat. Buah dari pohon Shea ini diambil bijinya kemudian dihancurkan, dibakar, dan digiling sampai teksturnya berubah seperti adonan krim. Adonan ini yang kemudian akan diolah lagi untuk memisahkan butter oil-nya yang kemudian didinginkan dan menjadi shea butter.
Kandungan vitamin dan asam lemak alami yang tinggi pada shea butter dapat menutrisi sekaligus melembapkan kulit dengan baik. Shea butter juga dapat melindungi kandungan minyak alami pada kulit sehingga cocok sekali untuk Anda yang memiliki kulit sangat kering, hingga pecah-pecah.
Meski memiliki tekstur yang agak berat, namun shea butter tetap dapat menyerap secara cepat ke dalam kulit tanpa membuat pori-pori tersumbat. Kandungan kolagennya yang tinggi juga membuat shea butter mampu mengencangkan kulit. Sedangkan vitamin A dan E yang terdapat di dalamnya, juga dapat menjaga kulit tetap kencang dan kenyal.
Tak hanya itu, shea butter juga bisa digunakan sebagai bahan untuk merawat rambut. Shea butter dapat menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut, serta membuat rambut tidak mudah kusam dan bercabang.
L’Occitane mengandalkan shea butter untuk bahan utama pembuatan hand cream dan The Body Shop memiliki satu seri produk kecantikan yang terbuat dari shea butter. Mulai dari shower gel, parfum, hingga body scrub.
Editor: HEY
Sumber: kumparan