Ria Irawan dan suaminya (Foto: Palevi S/detikHOT)

Jakarta, POJOK BATAM.ID – Aktris Ria Irawan kembali dirawat karena kanker, setelah sempat dinyatakan sembuh dari kanker kelenjar getah bening. Dalam kondisi metastasis kali ini, Ria disebutkan menjalani terapi radiasi.

Jenis terapi kanker sebenarnya ada banyak sekali, radiasi hanya salah satu di antaranya. Berdasarkan tujuannya, jenis-jenis terapi kanker dikelompokkan menjadi 3 kategori.

1. Terapi primer
Tujuannya adalah menyingkirkan kanker dari dalam tubuh, atau membunuh seluruh sel kanker. Terapi apapun bisa dipakai untuk terapi primer tetapi yang paling umum adalah bedah.

2. Terapi adjuvant
Tujuannya adalah menyingkirkan sel kanker yang masih tersisa setelah menjalani terapi primer, agar kanker tidak tumbuh lagi. Kemoterapi, radiasi, dan terapi hormon, bisa dipakai sebagai adjuvant.

3. Terapi paliatif
Diberikan untuk mengurangi efek samping dari terapi lainnya, maupun berbagai keluhan yang disebabkan oleh kanker itu sendiri. Bedah, radiasi, kemoterapi, dan terapi apapun bisa dipakai untuk tujuan tersebut.

Beberapa jenis terapi kanker yang umum digunakan antara lain sebagai berikut, dikutip dari Mayoclinic.

1. Bedah
Tujuannya adalah mengangkat cancer sebanyak mungkin dari tubuh.

2. Kemoterapi
Menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker. Kadang-kadang obat ini juga menyerang sel normal yang memiliki pertumbuhan cepat seperti sel kanker, misalnya rambut. Itu sebabnya seringkali pasien kemoterapi mengalami kerontokan rambut hingga botak.

3. Radiasi
Menggunakan sinar X maupun sinar proton, bertujuan untuk membunuh sel kanker.

4. Cangkok sumsum tulang
Sumsum tulang merupakan material di dalam tulang yang memproduksi sel darah.

5. Immunotherapy
Menggunakan sistem imun tubuh untuk melawan kanker. Terapi ini membantu sistem imun untuk menemukan kanker dan menyerangnya.

6. Targeted Therapy
Menggunakan obat tertentu yang difokuskan pada ketidaknormalan tertentu di dalam sel kanker.

7. Cryoablation
Membunuh kanker dengan membekukannya. Dimasukkan lewat jarum ke dalam kulit langsung menuju tumor yang bersifat kanker.

Editor: HEY
Sumber: