Presiden Jokowi menyerahkan SK Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) saat berkunjung ke Kalbar (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Pontianak, POJOK BATAM.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Surat Keputusan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) saat berkunjung ke Kalimantan Barat. Jokowi menegaskan pemerintah berkeadilan terkait masalah lahan.

“Artinya yang pegang lahan tidak hanya yang gede-gede. Saya sampaikan, saya tak berikan yang gede, tapi yang kecil-kecil saya berikan. Tadi saya lihat ada yang 4 juta meter persegi, ada yang 8 juta meter persegi, ada yang 150 hektare,” kata Jokowi di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (5/9/2019).

Jokowi berpesan kepada penerima untuk memanfaatkan lahan supaya produktif. Ia tidak segan-segan untuk mencabut hak kelola bagi yang lahannya tidak produktif.

“Saya titip lahan yang diberikan agar produktif. Saya perintahkan cek satu-satu, apakah lahan digunakan. Kalau semua lahan tanah di seluruh Tanah Air produktif, rampung, selesai. Semuanya kerja, hasilkan, dan dapat income,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengajak dialog warga penerima, salah satunya Hermanus yang akan menanam singkong di lahan. Jokowi sempat bertanya-tanya mengapa Hermanus tidak menjual singkongnya.

Serahkan SK TORA, Jokowi: Yang Pegang Lahan Tak Hanya yang Gede-gedeJokowi menyiram pohon (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Editor: HEY
Sumber: detikNews