Foto: Kapolri Jenderal Tito Karnavian (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Jayapura, POJOK BATAM.IDKapolri Jenderal Tito Karnavian membeberkan aktor lokal ULWMPP (United Liberation Movement for West Papua) dan KNPB (Komite National Papua Barat) serta Benny Wenda sebagai dalang rusuh di Papua hingga Papua Barat. Dia menegaskan akan menegakkan hukum terhadap para aktor pembuat rusuh ini.

“Saya sudah turunkan tim dari Mabes Polri, propam kerja sama dengan Komnas HAM agar dapat keterangan betul-betul tentang peristiwa yang terjadi. Saya minta masyarakat jangan terpengaruh isu-isu versi yang dikemas oleh berbagai pihak dalam rangka membuat Papua lebih kisruh, memanaskan yang lain, provokasi yang lain,” kata Tito saat konferensi pers di RS Bhayangkara Papua, Abepura, Papua, Kamis (5/9/2019).

Tito menyebut aktor lokal ULMWPP dan KNPB sebagai dalang yang membuat kerusuhan pecah di Papua. Kelompok ini, sebut Tito, juga memengaruhi pergerakan Aliansi Mahasiswa Papua (AMP).

“Kalau terus menerus ini dilakukan, kita sudah tahulah kelompok yang lain, ULMWP sama KNPB catat itu kata saya. Saya sudah dapat beberapa data, KNPB main, ULMWP main, saya tahu rangkaiannya ke mana, termasuk ke gerakan AMP, teman-teman Aliansi Mahasiswa Papua digerakkan mereka,” jelas Tito.

Editor: HEY
Sumber: detikNews