Renault Triber Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

POJOK BATAM.IDRenault Triber punya keunggulan akomodasi 7-penumpang. Menariknya, konfigurasi joknya bukan sekadar 5+2, melainkan mampu angkut tujuh orang dewasa sekaligus.
Saat mengenalkan Triber, Chief Operation Officer (CEO) PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) Davy J. Tuilan bahkan mendemonstrasikan kalau jok kedua dan ketiga bisa diisi penumpang dewasa dengan menyisakan ruangan sehingga kaki tidak langsung menempel ke jok.
Jok baris kedua dan ketiga Renault Triber muat orang dewasa Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Selain itu, Davy juga menjelaskan kalau Triber punya bagasi yang luas, bahkan kalau jok baris paling belakangnya dilepas bisa menambah kapasitas bagasi hingga 625 liter.
Jadi kuncinya, joknya tersebut ternyata memang bisa dilepas dengan mudah, tanpa harus melepas baut layaknya mobil kebanyakan. Semula, kami mengira jok baris ketiganya dilipat dengan mekanisme yang sama seperti Sienta, yang dilipat dan tersembunyi ke kolong jok tengah, namun tidak.
“Tidak hanya dilipat, joknya ini bisa dilepas. Pertama sandarannya, lalu lepas alas duduknya. Semua (joknya yang dilepas) punya berat 7 kilogram, nanti paket pembelian akan termasuk kantung untuk joknya itu,” kata Davy di Bintaro beberapa waktu lalu.
Interior Renault Triber Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Biar lebih meyakinkan, peragaan melepas jok dilakukan oleh anak kecil. Tak lebih dari satu menit, jok sudah terlepas dan terpampanglah ruang bagasi yang lapang.
Selebihnya apabila konfigurasi joknya berupa enam penumpang, alias satu jok belakang dilipat, maka kapasitas bagasinya menjadi 320 liter. Sedangkan dalam kondisi 7-penumpang, kapasitas bagasinya sebesar 84 liter.
Kemudian, demonstrasi dilanjutkan dengan meletakkan sembilan koper ukuran bagasi pesawat pada bagasinya itu. Hasilnya, semuanya muat dan pintu bagasi dapat tertutup.
Bagasi Renault Triber muat 9 koper dalam keadaan kursi baris ketiga dicopot Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Mengenai dimensi, Renault Triber punya panjang dimensi 3.990 mm, lebar 1.739 mm, dan tinggi 1.643 mm. Untuk jarak sumbu roda, mencapai 2.636 mm, ground clearance 182 mm, serta bobot 947 kg.
Nantinya Triber akan dipasarkan dalam satu jenis mesin bensin saja, 1.000 cc 3-silinder yang memproduksi tenaga 72 dk pada 5.500 rpm dan torsi puncak 96 Nm di 4.250 rpm lewat transmisi manual 5-percepatan atau otomatik berupa Automated Manual Transmission (AMT).
Renault Triber Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Kata Davy secara keseluruhan Renault Triber juga nantinya tersedia dalam empat pilihan varian. Sayangnya ia belum mau merinci spesifikasi dan harganya.
“Kalau spesifikasi tentunya sama seperti India, saya belum bisa announce lengkapnya. Mudah-mudahan harganya bisa kami announce saat GIIAS nanti,” sebut Davy.
Editor: HEY
Sumber: kumparan