Moeldoko Pastikan 10 Capim KPK Pilihan Pansel Sudah Final
Foto: Moeldoko (Lamhot Aritonang/detikcom)
JAKARTA, POJOK BATAM.ID – Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan 10 nama calon pimpinan (capim) KPK yang diserahkan pansel ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah final. Selanjutnya nama-nama tersebut akan diserahkan ke DPR.

“Ya sudah final lah,” kata Moeldoko saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, Selasa (30/9/2019). Moeldoko dimintai konfirmasi soal 10 capim KPK yang diserahkan pansel ke Jokowi.

Ditanya apakah Jokowi telah setuju dengan 10 nama capim KPK tersebut, Moeldoko mengatakan Jokowi sudah percaya penuh dengan pansel.

“Presiden sudah memerintahkan, mendelegasikan kewenangan, kan pasti sudah memikirkan pada saat membentuk tim seleksi, sudah memikirikan kredibilitas yang bersangkutan dan seterusnya,” ujarnya.

Namun Moeldoko mengaku belum mengetahui dengan pasti apakah 10 nama capim KPK tersebut masih akan ditinjau ulang sebelum dikirim ke DPR dengan pertimbangan kritik dari masyarakat.

“Saya tidak tau persis, intinya tim seleksi telah melakukan tugasnya, sudah cukup. Kan begitu. Tinggal nanti dilihat di DPR urutannya begitu. Jadi sudah menjalankan tugas, lapor presiden, kirim ke DPR,” imbuhnya.

Menurut Moeldoko, masukan masyarakat untuk capim KPK pilihan pansel harusnya diberikan saat proses seleksi. “Masa seleksi dari sejumlah (nama) sampai dengan 10 itu kan sudah panjang. Di situlah peran masyarakat memberi masukan, kan begitu. Masa mau mundur lagi,” katanya.

Terkait masih ada nama capim KPK yang dinilai bermasalah, Moeldoko menyerahkan ke DPR untuk memutuskan.

“Ya nanti kan DPR yang akan milih lagi kan. Ada prosedurnya. Jadi percayakan ke DPR lagi setelah itu,” ungkapnya.
(nvl/gbr)

Editor: HEY
Sumber: detikNews