Jokowi: Jangan Ada yang Ikut Campur Penyusunan KabinetPresiden Jokowi mengatakan belakangan ini mulai dipusingkan oleh orang-orang di sekelilingnya yang kerap menanyakan susunan kabinet periode kedua. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)

JAKARTA, POJOK BATAM.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kerap mendapat pertanyaan dari sejumlah pihak seputar susunan kabinet baru periode 2019-2024, menjelang pelantikan dirinya pada 20 Oktober mendatang. Jokowi menyebut pertanyaan yang dilontarkan selalu sama.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam Peresmian Pembukaan Konferensi Hukum Tata Negara ke-6 Tahun 2019, di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/9).

“Pak, siapa si nanti menteri-menterinya. Setiap ketemu yang ditanyain itu terus,” kata Jokowi.

Presiden terpilih itu menyebut pihak-pihak tersebut selalu menanyakan tentang posisi seseorang dalam kabinetnya nanti. Jokowi tak menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Mantan wali kota Solo itu hanya meminta agar semua pihak sabar menunggu kabinet baru diumumkan. Jokowi juga menyampaikan sesuai dengan konstitusi, pemilihan menteri adalah hak prerogatif presiden.

“Setiap saat ada pertanyaan itu saya sampaikan konstitusi kita menyatakan bahwa itu adalah hak prerogatif presiden. Jadi jangan ada yang ikut campur,” ujarnya.

Meskipun demikian, mantan wali kota Solo itu tak melarang para pihak memberikan usulan dalam pemilihan menteri ini.

“Usul boleh, usul boleh, bisik-bisik juga boleh. Tapi seperti tadi yang disampaikan kewenangan presiden, hak prerogatif presiden,” tuturnya.

Editor: HEY
Sumber: CNNIndonesia